4 Persiapan Penting Sebelum Mudik dengan Mobil Sendiri

Meski bulan puasa baru dimulai dan hari raya Lebaran masih cukup lama, namun tidak sedikit orang yang memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman tercinta.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang berencana untuk melakukan perjalanan mudik bersama keluarga dengan menggunakan mobil sendiri, ada baiknya Anda mengetahui beberapa persiapan penting, untuk mengatasi atau meminimalisir masalah yang nantinya mungkin akan Anda temui selama perjalanan.

Berikut ini beberapa persiapan penting sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik dengan mobil sendiri, bersama keluarga tercinta :

1. Siapkan Mental dan Fisik

Perjalanan yang jauh dapat membuat Anda cepat lelah baik secara fisik maupun mental. Karena itulah sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya Anda beristirahat dengan cukup agar tubuh dalam kondisi fit, serta pastikan pikiran sedang dalam kondisi tenang dan tidak tertekan (stres).

2. Periksa kendaraan (pre-trip inspection)

Pastikan kendaraan dalam kondisi ‘sehat’. Servis ke bengkel untuk perawatan berkala (bila sudah waktunya). Jangan lupa memeriksa kondisi fisik ban. Segera ganti jika telapaknya sudah botak atau alurnya sudah tipis (lihat tanda segitiga di dinding ban). Pastikan, karet pembersih kaca bekerja dengan baik. Begitu juga penyemprot airnya (bila perlu diganti).

3. Rencanakan perjalanan dengan cermat

Pastikan Anda telah memahami dengan baik mengenai jalur atau rute yang akan Anda lewati selama menempuh perjalanan nanti. Pilih rute atau jalur dengan potensi bahaya paling minim. Termasuk juga pemilihan waktu berangkat, istirahat dan mengisi bahan bakar. Berkendara dengan penuh rencana tidak hanya akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman, namun juga akan menjadi lebih aman. Ingat, Anda membawa keluarga Anda ikut serta dalam perjalanan ini.

4. Bawa barang seperlunya

Mudik memang identik dengan barang bawa’an yang super banyak dan gila-gilaan. Tapi demi keselamatan dan kenyamanan selama berkendara, jangan bawa barang-barang secara berlebihan karena dapat mempengaruhi stabilan kendaraan dan konsumsi bahan bakar. Jangan lupa bawa payung, jas hujan, perkakas standar kendaraan dan P3K untuk berjaga-jaga.