5 Perbedaan Honda Vario eSP dengan Honda Vario Lama

Astra Honda Motor (AHM) punya motor baru yang mengisi segmen matik yakni Honda Vario eSP yang didapuk sebagai pengganti varian sebelumnya yang sudah lebih dulu hadir. Bicara tentang varian baru, tentunya ada beberapa perbedaan yang sengaja diciptakan oleh AHM, untuk mempertegas kelebihan-kelebihan yang dimiliki Honda Vario eSP apabila dibandingkan dengan versi lama-nya (Vario Techno 125). Meskipun tidak berubah total, namun ada beberapa detail yang biasanya dapat kita telusuri dengan mudah, sehingga dapat menjadi bekal informasi yang bisa kita gunakan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang dilakukan AHM terhadap Honda Vario yang ada saat ini.

Untuk mengetahui apa saja perbedaan yang dimiliki Honda Vario eSP terhadap variannya yang lawas, berikut ini telah kami rangkumkan 5 Perbedaan Honda Vario eSP dengan Honda Vario Lama :

1. Perbedaan Spesifikasi Mesin
Perbedaan pertama antara Honda Vario eSP dan Honda Vario lawas adalah spesifkasi mesin yang diusungnya. Sesuai dengan namanya, saat ini Honda menanamkan spesifikasi baru yang disebut ‘eSP (Enhanced Smart Power)’, sebuah teknologi yang diklaim sangat canggih guna menghasilkan performa tinggi pada Vario generasi terbaru.

Untuk informasi, Honda Vario eSP sendiri tersedia dalam 2 varian yaitu Vario 125 eSP dan Vario 150 eSP. Khusus untuk varian yang pertama, memang masih terdapat persamaan yaitu sama-sama memiliki mesin berkapasitas125cc. Pun begitu detail spesifikasi yang dipakai memiliki perbedaan lantaran Honda Vario lama belum menganut teknologi eSP, sementara Honda Vario terbaru sudah menggunakannya.

Kemudian untuk varian yang kedua, sangat jelas perbedaannya karena kapasitas silinder yang dipakai tak lagi hanya 125cc melainkan 149,4cc. Belum lagi pada Honda Vario 150 ini juga sudah dbekali dengan teknologi eSP, sementara Honda Vario yang lama masih belum mengenal teknologi ini.

2. Perbedaan Performa
Perbedaan Honda Vario eSP dan Honda Vario lama berikutnya adalah performa. Hal ini merupakan suatu kewajaran mengingat spesifikasi mesin yang diusung masing-masing motor memang tidak sama, sehingga mau tidak mau menghasilkan perbedaan yang cukup mencolo mulai dari tenaga, torsi, akselerasi, top speed, hingga konsumsi bahan bakarnya.

Berikut ini detail perbedaan performa antara Honda Vario eSP dan Honda Vario lama :


Dapat dilihat dari tabel-tabel di atas, tenaga dan torsi yang dihasilkan masing-masing motor terpaut cukup jauh dan menunjukkan bahwa Honda Vario lama sudah tertinggal beberapa langkah dibanding versi terbarunya sendiri. Namun jika dilihat dari akselerasi dan top speed-nya, perbedaan memang ada tapi tidak terlalu mencolok. Malah khusus untuk top speed Vario 125 eSP dan Vario 125 lama, terlihat tidak ada perbedaan sama sekali alias sama persis.

Lalu jika dilihat dari konsumsi BBM-nya, Honda Vario 150 eSP ternyata kalah irit dibanding Vario lama. Sementara Vario 125 eSP justru jadi yang paling unggul, karena lebih irit 3,8 km jarak perliternya dibandingkan dengan Vario lawas.

Teknologi eSP bertugas mengurangi gesekan pada mesin, alhasil konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 52,9 kpl, berdasarkan uji internal dan memenuhi standar emisi EURO3. Plus, fitur idling stop (ISS) – mematikan mesin saat terdiam sejenak – dan ACG starter untuk sensasi menyalakan mesin tanpa suara tetap disertakan. Combi brake pun ikut dipasang, menjanjikan pengereman yang lebih nyaman.

3. Perbedaan Dimensi
Beda antara Honda Vario baru dan Honda Vario lama berikutnya bisa diketahui dari dimensi masing-masing yang sekilas memang tampak sama, namun jika diperhatikan lebih seksama sebenarnya ada beberapa perbedaan detail yang cukup kentara.

Jika Honda Vario lama memiliki dimensi panjang X lebar X tinggi : 1.918 x 689 x 1.103 mm, khusus pada Honda Vario eSP memiliki dimensi panjang X lebar X tinggi : 1.921 x 683 x 1.096 mm. Itu artinya Honda Vario eSP memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang, namun lebih ramping dan rendah ketimbang Honda Vario lama. Berat kosong Honda Vario lawas yang tadinya bisa mencapai 112 kg juga sudah dirombak, alhasil Honda Vario baru kini memiliki bobot kosong yang lebih ringan 3 Kg yakni 109 Kg.

Jarak sumbu roda milik Honda Vario lama yang tadinya 1.281 mm kini juga sudah dipangkas menjadi 1.280 mm pada Honda Vario eSP. Sehingga pengendaliannya jadi kian mudah dan gerakan motor juga sedikit lebih lincah. Lalu agar bisa menembus kawasan banjir dengan lebih aman, jarak motor ke tanah pada Vario 150 eSP dibuat sedikit lebih tinggi dari dari yang tadinya hanya 128 mm menjadi 135 mm.

4. Perbedaan Desain & Pilihan Warna

Perbedaan Honda Vario lama dan Vario eSP juga bisa ditemukan dari desain yang tampak serupa namun sebenarnya tak begitu sama. Perbedaan desain ini bahkan terjadi menyeluruh di antara Honda Vario lama, Honda Vario 150 eSP dan Honda Vario 125 eSP yang masing-masing memiliki gaya berbeda terutama dalam hal desain striping. Pun begitu hal ini tidak berpengaruh banyak karena perbedaan striping pada ketiga motor ini hanya melibatkan permainan warna saja yang sepertinya ditujukan sebagai penyegaran semata.

Bicara soal pilihan warna yang ada, jika sebelumnya Honda Vario lama tersedia dalam 5 pilihan warna yang terdiri dari : Bionic Red, Futura Brown, Nitro Blue, Razor White dan Vigor Black. Sementara Honda Vario terbaru varian 150 eSP terdiri dari dari 2 warna yang masuk dalam tipe Exclusive yaitu Exclusive Matte Black dan Exclusive Pearl White , lalu pada tipe Sporty tersedia 3 warna yang terdiri dari Bionic Red, Sonic White Blue, dan Titanium Black. Hanya Honda Vario 125 eSP saja yang tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu Glazy White Red, Titanium Black, Bionic Red, dan Sonic White Blue.

5. Adanya Tambahan Fitur
– Answer Back System
Ini merupakan salah satu fitur yang menjadi pembeda antara Honda Vario eSP dan Honda Vario versi lawas. Sayangnya fitur yang juga sudah ada pada Vario 110 itu hanya dapat ditemukan di Honda Vario 150 eSP saja, sementara Honda Vario 125 eSP masih belum kebagian seperti Honda Vario lama.

Adapun manfaat dari fitur Answer Back System adalah untuk memberi kemudahan bagi pengendara ketika mencari posisi motor di parkiran. Cara kerja fitur ini terbilang simple, yaitu cukup menekan tombol remote maka motor akan memberi respon suara sekaligus menghidupkan semua lampu sein.

– Velg Baru
Perbedaan Honda Vario lama dan Honda Vario eSP berikutnya dapat kita temukan pada velg. Jika velg Vario 125 lama memiliki ukuran lebar (depan) 1.60-14 dan belakang 1.85-14, khusus pada Vario 150 eSP dan Vario 125 eSP mendapat tambahan lebar atau naik satu step menjadi 1.85-14 untuk bagian depan dan 2.15-14 untuk bagian belakang.

Konon langkah ini sengaja diambil karena AHM melihat banyak konsumen yang mengganti ban Vario dengan yang lebih besar ukurannya. Karena itulah mereka memutuskan untuk memperlebar ukuran velg agar bisa jadi lebih pas dikawinkan dengan ban yang lebih besar.

– Ban Tubeless
Selain mendapat velg berukuran baru, Honda Vario eSP tidak lagi menggunakan ban biasa seperti yang bisa kita temukan pada Vario versi lama. Ban yang digunakan adalah tipe tubeless alias tanpa ban dalam. Kondisi ini menyebabkan konstruksi bagian dalam velg-nya pun jadi berbeda dibanding milik Vario lama, karena di bagian dalam velg Vario eSP ada semacam cekungan untuk menahan bibir ban agar tetap mengigit kuat meski kurang angin. Cekungan inilah yang mempertahankan angin di dalam ban agar tidak langsung habis meski tertancap paku.

Tags: , ,