6 Kelebihan New Honda Scoopy-FI

Seperti yang telah diulas dalam artikel Blog Otomotif sebelumnya, salah satu varian terbaru Honda yakni Scoopy-FI mengalami kenaikan harga jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tentunya hal ini membuat kita penasaran apa saja sih kelebihan New Honda Scoopy-FI hingga PT Astra Honda Motor (AHM) harus menawarkan skuter matik terbarunya tersebut dengan harga jual yang sedikit lebih mahal ketimbang versi sebelumnya.

Berikut ini 6 Kelebihan New Honda Scoopy-FI yang baru saja diluncurkan oleh AHM untuk pasar otomotif tanah air :

1. Teknologi Bahan Bakar Injeksi Bikin Scoopy Lebih Irit

Meski mesinnya masih menggunakan ruang bakar 110 cc tapi Scoopy terbaru sudah dijejali dengan sistem injeksi (PGM-FI). yang mengatur proses pengabutan bahan bakar di dalam mesin. Sistem yang diatur secara elektronik ini menjadikan pengabutan bahan bakar relatif lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan mesin. Alhasil Scoopy-FI menjadi lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Honda mengklaim, New Scoopy-FI memiliki efisiensi bahan bakar mencapai 56 km per liter bensin. Angka ini naik 26 persen dibanding Scoopy lawas yang memiliki angka efisiensi 44,5 km/liter. Data yang diperoleh lewat pengetesan dengan metode ECE R40 ini juga diyakini lebih hemat dari kompetitor sesama matik retro yang konsumsi bahan bakarnya ada di angka 39 km/liter.

2. Memiliki Performa yang Lebih Baik

Selain lebih hemat, Honda juga mengklaim motor ini lebih kencang dari Scoopy versi karburator. Top speednya diklaim mencapai 90 km/jam, sedang Scoopy karburator dan kompetitor hanya 89 km/jam.

Kemudian untuk akselerasinya dari diam melaju sampai 200 meter hanya butuh 13,1 detik. Padahal pada Scoopy karbu butuh 13,5 detik, sementara pada kompetitor yang tidak disebutkan namanya justru butuh waktu lebih lama yakni 13,6 detik.

3. Penyegaran Desain Menjadikan Scoopy Tampak Lebih Bergaya

Meskipun tampilan sepintas nyaris sama seperti pendahulunya, Scoopy generasi baru ini mengusung sederet fitur baru yang pertama di segmennya. AHM dengan bangga memproklamirkan bahwa New Honda Scoopy-FI merupakan skutik pertama di Indonesia yanga memiliki headlight model projector dengan bohlam halogen. Selain membuat sosoknya menjadi lebih ke arah moderen retro, lampu projector membuat semakin terang karena cahaya terfokus yang dapat memberikan dampak positif pada keselamatan berkendara. Dengan begini maka pemiliki New Honda Scoopy tidak perlu lagi capek-capek harus pergi ke bengkel untuk mengganti lampu.

Lampu sein di depan yang dulu menganut model terpisah dari bodi, kini terintegrasi dengan sayap pelindung. Begitu pula dengan sein belakang yang memberikan kesan ‘lawas’ dan menguatkan jati dirinya sebagai skutik retro.

Panel speedometer lebih keren dengan dominasi warna hitam dan jarum indikator merah. Bentuk huruf pada emblem yang menempel di “pinggul” juga tampak lebih nyata.

4. Bagasi Scoopy Terbaru Bisa Muat Lebih Banyak Barang

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, Scoopy FI memperluas bagasi di bawah jok enam kali lipat dari model sebelumnya menjadi 15,4 liter. Cukup untuk menampung sebuah helm Scoopy standar pabrik.

Dan untuk membuka bagasi saat memuat barang atau mengisis bahan bakar, pengguna tidak perlu lagi repot melepas kunci kontak karena Scoopy-FI dilengkapi tombol pembuka bagasi yang posisinya bersebelahan dengan kunci kontak. Fitur ini sebelumnya cuma tersedia di model premium Honda yaitu PCX dan Vario Techno 125 PGM-FI.

5. Honda Scoopy-FI Ditawarkan dalam 2 Gaya Desain

Motor ini dijual dalam dua pilihan konsep striping yaitu Stylist dan Sporty yang bisa dipilih sesuai karakter konsumen masing-masing. Varian Sporty dipasarkan dengan 2 pilihan warna yaitu Metro Black dan Cosmo Cream. Sementara untuk varian Stylish memiliki 3 pilihan warna yaitu Fancy Black, Chic Cream, dan Vogue Red.

6. Honda Scoopy Telah Dibekali Fitur Keselamatan dan Keamanan yang Mumpuni

Selain dilengkapi dengan lampu yang terang untuk meningkatkan keselamatan pengendara. Beberapa fitur lama Scoopy juga masih dipertahankan untuk untuk semakin menjamin keselamatan dan keamanan seperti teknologi standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila standar masih dalam posisi terpasang. Kemudian Brake Lock yang berfungsi untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan. Dan pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter) yang sangat efektif untuk mencegah pencurian.

Dengan target mampu terjual sebanyak 45.000 unit setiap bulannya, generasi kedua dari Honda Scoopy ini dipasarkan mulai Februari 2019 dengan harga Rp 23.900.000 On the Road Jabodetabek.