Aki Motor Bisa Kembung? Ini Penyebabnya

Aki atau baterai pada sepeda motor adalah perangkat penting, sehingga ketika aki bermasalah, kinerja motor pun pasti terhambat. Salah satu masalah aki yang bisa terjadi pada sepeda motor adalah aki kembung. Mirip dengan baterai ponsel, ternyata aki sepeda motor juga bisa mengalami gendut dan kembung loh. Jadi, apa penyebab aki sepeda motor kembung?

Penyebab Aki Motor Kembung

Sebenarnya, aki sepeda motor memiliki usia pemakaian loh, yaitu antara 2 – 2,5 tahun. Namun usia ini tentu bisa semakin panjang jika perawatannya baik dan sebaliknya, bisa berkurang jika penggunaannya tidak tepat. Berikut beberapa penyebab aki motor kembung yang dihimpun dari beberapa sumber.

  1. Usia

Penyebab pertama aki motor kembung tentu saja usia pemakaiannya. Jika usia pemakaian aki memang sudah habis, tentu fungsinya berkurang dan harus diganti. Seiring dengan pemakaian sepeda motor, sel-sel yang seharusnya bekerja dengan maksimal di aki tentu akan melemah. Ketika mesin menyala secara otomatis, spul kan mengisi daya listrik menuju aki melalui kiprok, jika sel dalam aki lemah, tentu lama-kelamaan aki akan menggembung.

  1. Charge Ulang

Anda pasti tidak asing dengan setrum aki atau charge ulang aki. Kegiatan untuk membuat aki bekerja maksimal itu terkadang justru membuat aki melemah. Charge ulang aki harus dilakukan dengan benar yaitu dengan memastikan tegangannya masih pada titik 25% atau diatas 12,4 V. Selain itu, waktu pengisian aki juga harus tepat. Untuk aki berkapasitas 3 sampai dengan 6 Ah hanya boleh dilakukan dalam waktu 6 jam dengan kapasitas charger 0,7 Ampere. Jika lebih dari itu, bukannya menguatkan aki, justru sel-sel aki akan melemah dan membuatnya menggembung.

  1. Panas

Penyebab aki motor kembung yang selanjutnya adalah panas dan tekanan di dalam wadah aki naik namun sulit keluar. Kenapa ini bisa terjadi? Kemungkinan terbesarnya adalah 6 buah lubang napas yang ditutup air aki tertutup dengan kotoran. Hal ini membuat tekanan akan terus tersimpan dan membuat wadah tersebut memuai karena panas. Selain itu, aki basah dan air aki kurang juga bisa membuat aki terlalu panas dan membuat aki kembung.

  1. Pencopotan Komponen Motor

Aki kembung bisa terjadi katena tegangan akinya berlebihan dan tidak dialirkan ke komponen yang seharusnya. Hal ini biasanya terjadi pada sepeda motor yang dicopot beberapa komponennya. Jika anda mencopot beberapa komponen sepeda motor misalnya lampu, maka beban kelistrikan yang mengalir juga hanya sedikit dan malah menjadi berlebihan di wadah kemudian membuatnya menggembung.

Tips Agar Aki Motor Awet

  1. Panaskan Motor Setiap Hari

Meskipun tidak akan menggunakan sepeda motor pada hari itu, ada baiknya anda tetap memanaskan sepeda motor anda agar arus kelistrikan sepeda anda tidak terganggu. Setidaknya, panaskan sepeda motor selama 10-15 menit setiap hari untuk menstimulasi kerja aki.

  1. Cek Terminal Aki

Jangan lupa untuk sering mengecek 2 terminal aki dan membersihkannya agar bebas dari debu dan kotoran. Terminal aki yang tertutup kotoran bisa menyebabkan panas dan arus kelistrikan menjadi terganggu. Hal ini bisa membuat aki menjadi kembung dan tidak berfungsi maksimal

  1. Cek Ketinggian Aki

Selanjutnya, anda harus sering-sering mengecek ketinggian air aki. Aktivitas ini seringkali dilupakan, padahal ketinggian air aki sangat berpengaruh bagi performa sepeda motor. mengecek ketinggian aki bisa membuat anda tahu kondisi aki motor anda dan segera menanganinya jika ada yang tidak beres.

  1. Hindari Pasang Copot Aksesori Motor

Aksesori yang dipasang pada sepeda motor tentu sudah dihitung dan disesuaikan dengan kebutuhan. Tingkah anda yang memasang aksesori berlebihan atau mencopot aksesori yang ada di sepeda motor akan membuat fungsi aki menjadi tidak tersalurkan dengan baik. Mencopot beberapa komponen akan membuat arus listrik tidak tersalur dan membuat tekanan dalam wadah aki menjadi naik. Hal ini adalah penyebab aki kembung.

Nah itulah tadi artikel tentang aki kembung dan tips agar aki motor anda bisa awet. Semoga artikel diatas dapat anda terapkan pada motor anda agar selalu nyaman digunakan berkendara. Semoga bermanfaat!

Related Post