Aman Berkendara Motor Honda Vario 150 di Tanjakan Tajam

honda vario 150

Mengendarai motor matic di tanjakan tajam tentu akan berbeda teknik dengan berkendara motor jenis lainnya di tanjakan tajam. Nah, untuk Anda yang menggunakan Honda Vario 150 dan ini merupakan pengalaman pertama Anda berkendara dengannya, baiknya Anda tahu bagaimana cara aman berkendara motor di tanjakan tajam.

Dengan cara tersebut bisa dipastikan Anda akan merasa aman dan nyaman selama berkendara. Berikut cara aman berkendara motor Honda Vario 150 di tanjakan tajam yang Anda harus pahami. Cek informasi lengkapnya berikut ini!

Cara Aman Berkendara Motor Honda Vario 150 di Tanjakan Tajam
Pastikan motor tidak lemah pada putaran RPM yang rendah.

Cara aman berkendara dengan motor Honda Vario 150 cc di tanjakan tajam yang pertama perlu Anda perhatikan adalah bagaimana motor tersebut dikendarai pada putaran RPM rendah. Pastikan ketika dikendarai pada putaran RPM rendah, motor Anda tidak lemah.

Anda harus memastikan hal ini. Anda juga harus tahu dan memahami bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebab motor brebet pada putaran RPM rendah. Hal ini penting untuk membuat motor jadi lebih bergairah dalam penggunaan harian.

Motor juga tidak lemah pada RPM putaran tinggi
Dalam memastikan bahwa motor Anda tidak lemah pada putaran RPM tinggi, Anda bisa memastikan dengan cara jika motor matic Anda tidak akan berbunyi suara yang jarang didengarkan maka artinya motor tidak lemah.

Jika masalah suara yang jarang didengarkan terdengar, maka hal tersebut berarti baha motor matic Anda lemah di putaran RPM tinggi. Bahkan hal ini akan menjadi tanda bahwa motor Anda ngempos di RPM yang putarannya tinggi.

Ketika motor Anda sudah ngempos maka itu artinya motor Anda tak layak pakai. Motor Anda juga tidak cocok digunakan di area tanjakan dan Anda harus sudah mulai berbenah membawa motor ke bengkel terdekat.

Lakukan pengecekan mesin motor

Sebelum Anda berkendara di tanjakan, Anda juga harus memastikan kondisi terkini mesin motor Anda. Jangan sampai mesin motor Anda ternyata mengalami masalah karena hal tersebut berarti memberikan tanda yang tidak baik pada mesin motor Anda.
Mesin motor yang bermasalah membuat motor tidak kuat berjalan di area tanjakan. Bahkan motor akan cenderung bermasalah ketika kemampuan mesinnya dipaksakan. Upayakan ketika Anda mengecek mesin motor, pastikan bahwa motor 100% tidak bermasalah.

Mesin motor yang bermasalah tentu akan menjadikan motor tidak sempurna digunakan menanjak. Bahkan hal yang berbahaya berpotensi terjadi. Semisal seperti motor matic yang mati tiba – tiba di tengah perjalanan dan potensi berbahaya lainnya sangat berkemungkinan dialami. Karena itu cek secara detail sebelum menggunakan motor matic berkendara di area tanjakan.

Cek kondisi rem motor

Sebenarnya rem adalah alat utama untuk mengendalikan motor. Apapun jenis kondisi jalanan, pastikan bahwa bagian rem adalah bagian penting untuk Anda cek sebelum berangkat. Jangan sampai rem motor mengalami masalah sedikit saja karena jika hal tersebut terjadi itu artinya bahwa motor Anda sedang tidak dalam kondisi prima. Sementara rem adalah kebutuhan utama berkendara apalagi jika berkendara di area jalan yang menurun atau menanjak.

Pastikan rem motor Anda dalam kondisi yang baik. Pastikan bahwa jarak handle dengan pedal harus dalam kondisi yang normal dan stabil. Jarak handle dengan pedal yang stabil atau normal adalah ketika jaraknya tidak terlalu dalam. Bahkan pastikan kampas rem motor Anda juga mumpuni.

Jika kampas rem habis, Anda harus langsung segera melakukan penggantian karena kampas res yang habis dapat membuat piringan cakram atau tromolnya mengalami kerusakan.

Perhatikan tarikan gas motor matic Anda
Pada perjalanan dengan tanjakan Anda harus memperhatikan tarikan gasnya seperti apa. Tarikan gas ini penting diperhatikan guna mengukur tanjakan di awal tanjakan. Pastikan bahwa tarikan gas jangan terlalu dalam karena hal ini bisa menjadi tanda bahwa motor Anda tidak kuat dalam kondisi tanjakan yang terlalu panjang ketika tarikan gasnya terlalu dalam.
Untuk mengecek tarikan gasnya, Anda harus coba tarik gasnya secara perlahan – lahan. Jangan sampai Anda terburu – buru ketika menarik gas karena dengan begitu streng motor Anda akan ikut tertarik oleh bagian gear ketika sedang berada di area tanjakan.

Selalu jaga jarak dengan kendaraan lain
Sebenarnya naik motor apapun hal ini penting diperhatikan. Tidak hanya ketika Anda naik motor matic Vario 155 cc. Naik motor porsneiling atau kopling pun hal ini penting agar tidak mengakibatkan kecelakaan beruntun.

Demikian bagaimana cara aman berkendara motor Honda Vario 150 cc yang perlu Anda pahami agar Anda nyaman berkendara di tanjakan tajam dengan Honda Vario 150 cc Anda. Jadi, terapkan tips diatas agar berkendara nyaman dan aman setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *