Armadillo-T Mobil Listrik Yang Bisa Digulung

Satu lagi sebuah mobil unik yang canggih nan pintar berhasil diciptakan. Kali ini giliran sekelompok peneliti dari Korea yang menamakan dirinya ‘Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)’, yang baru-baru ini memperkenalkan sebuah mobil listrik yang diberi nama ‘Armadillo-T’.

Armadillo-T merupakan sebuah mobil listrik yang rancangannya dibuat dengan terinspirasi dari hewan sejenis trenggiling yang dapat menggulungkan tubuhnya. Huruf ‘T’ di akhir nama Armadillo tersebut konon katanya terinspirasi dari salah satu mobil pelopor industri otomotif modern yaitu Ford Model T.

Meski masih berbentuk konsep, namun dalam uji coba yang dilakukan di Korea terbukti bahwa mobil tersebut benar-benar bisa menggulung alias melipat sendiri menjadi lebih ringkas saat tidak digunakan. Dengan kecanggihannya tersebut maka pengguna Armadillo T nantinya tidak perlu repot mencari lahan parkir yang begitu luas, karena mobil ini bisa diparkir di area yang sempit sekalipun.

Mobil listrik Armadillo T memiliki ukuran panjang 2,8 meter jika sedang dalam kondisi normal, namun jika dilipat maka postur tubuhnya akan mengecil menjadi 1,65 meter. Dengan dimensinya yang kompak, sebuah lahan parkir mobil standar Korea yang berukuran panjang 5 meter dapat diisi oleh tiga unit Armadillo-T dengan kondisi nyaris berdesakan.

Armadillo-T cuma memiliki bobot seberat 450 kg dan hanya bisa menampung 2 penumpang. Yang menarik, baik untuk melipat maupun mengembalikan mobil ke posisi normal juga tidak ribet karena Armadillo-T juga sudah dibekali dengan fitur canggih berupa sebuah remote khusus. Dengan remote tersebut, pengguna bisa mengontrol Armadillo-T dari jarak jauh untuk melipat, memutarnya hingga 360 derajat, serta mengembalikannya ke posisi normal.

Tak itu saja, fitur ini juga memungkinkan penggunanya untuk menjalankan mobil dari luar ketika ingin memasukkan mobil ke dalam lahan parkir yang sempit. Caranya : setelah mengarahkan mobil ke lahan parkir yang sempit, pengguna keluar terlebih dahulu dari kendaraan dan baru kemudian menjalankan mobil via remote ke dalam lahan parkir yang diinginkan.

Di sektor tenaga, mobil listrik berpenggerak AWD ini disokong 4 motor listrik di setiap roda yang tenaga listriknya dipasok oleh baterai lithium-ion berkapasitas 15,6 kWh yang berada di bagian depan. Konfigurasi ini tidak hanya memungkinkan terciptanya kabin interior yang lebih lega, tetapi juga membuat motor dan baterai dapat tetap di tempatnya saat mobil dilipat.

Armadillo-T dapat dipacu dengan kecepatan maksimal 60 km/jam, serta dapat menjelajah hingga sejauh 100 km untuk sekali pengisian baterai selama 10 menit dengan alat fast charge.

Belum ada kejelasan pasti terkait kapan mobil ini benar-benar akan diproduksi dan dijual. Namun para perancang Armadillo-T ini berharap agar nantinya mobil listrik Korea ini dapat menjadi salah satu alternatif kendaraan perkotaan. Terlebih dengan kondisi semakin padatnya populasi penduduk dan jumlah kendaraan yang makin berjamur di masa depan, orang-orang yang tinggal di kota diyakini akan menggeser preferensi mereka dari besar, ke mobil listrik yang lebih kecil dan lebih ringan.

Armadillo-T bukanlah mobil listrik pertama yang dirancang memiliki kemampuan sebagai mobil lipat. Sebelumnya, Hiriko dan Casple-Podadera juga pernah membuat mobil dengan konsep serupa.