Bahaya Merubah Brand Oli Kendaraan

Oli Merupakan kebutuhan pokok pada sebuah kendaraan. Selain berguna untuk memperlancar kinerja mesin kendaraan, tentunya juga memiliki manfaat untuk memperpanjang umur mesin. Namun ada mitos yang cukup kuat dibenak masyarakat yakni tentang bahaya sering ganti merk oli yang akan memperpendek umur mesih. Apakah benar demikian?

Bahayanya Merubah Brand Oli Kendaraan bisa dikata benar, namun ada kecendrungan hal tersebut salah tergantung pada cara kita melakukan pergantian . Ada beberapa kiat mengenai cara yang aman saat mengganti oli yang sebenarnya cukup mudah dilakukan. Berikut penjelasan singkat tentang kiat kiat mengganti oli motor ataupun mobil.

Pada dasarnya tiap oli memiliki spesifikasi yang berbeda beda kekentalan dan jenisnya. Pelumas mesin yang sudah memiliki nama tentunya sudah memiliki standart yang cukup bagus untuk mesin, namun disini yang agak menghawatirkan adalah perbedaan molekul yang mungkin akan mengganggu kinerja mesin kendaraan jika beda merk.

Untuk mengatasi hal demikian, sobat otomotif bisa gonta-ganti oli sesuka hati namun yang perlu digaris bawahi adalah kondisi sisa oli dalam mesin mestinya harus benar benar bersih.

Prosedur pergantian oli memang seharusnya melalui flashing terlebih dahulu atau mengurasnya jika anda sayang pada kendaraan anda tak peduli akan diganti merk A B atau C. tindakan ini merupakan upaya mencegah atau mengurangi terjadinya pencampuran senyawa yang tak sejenis. Intinya anda melakukan 2 kali pergantian oli sekaligus, tahap pertama kuras oli lama lalu kedua proses flashing dan kuras lagi barulah ganti oli baru yang akan digunakan.

Sepertinya cukup ribet ya? Jadi alangkah mudahnya jika menggunakan oli yang sama sehingga tak perlu melakukan hal yang menyita waktu. Demikian penjelasan singkat tentang mengganti oli mesin

Tags: ,