Ban Honda Civic Bisa Bikin Celaka

Berita kurang enak datang dari Honda Amerika Serikat. Baru-baru ini pabrikan mobil berlambang huruf H itu dikabarkan terpaksa menarik kembali (recall) salah satu produknya, lantaran masalah yang ditengarai terdapat pada komponen ban.

Recall Honda tersebut sangat disayangkan karena menimpa pada mobil yang hitungannya masih baru. Menurut Lembaga Nasional Keselamatan Transportasi Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat, recall tersebut terjadi pada sekitar 9.816 unit Honda Civic LX Coupe dan model sedan lainnya yang diproduksi antara 26 November 2013 sampai 21 Januari 2014.

Pihak Honda Amerika Serikat menjelaskan, recall tersebut harus dilakukan karena kemungkinan besar ada kesalahan produksi yang terdapat pada tiap-tiap mobil Honda yang bermasalah. Setelah dicari tahu, akhirnya ditemukan beberapa masalah seperti beberapa bagian ban pada Honda Civic yang ternyata terjepit atau tidak terpasang dengan sempurna di velg. Alhasil masalah ini menyebabkan udara di dalam ban cepat habis karena bocor. Meskipun kelihatannya sepele, namun masalah ini bisa menyebabkan kecelakaan karena mobil jadi sulit bermanuver.

Honda Amerika Serikat telah mengirim surat kepada tiap-tiap pelanggan yang terkena recall tersebut, dan meminta mereka untuk segera datang ke diler resmi Honda. Nantinya diler resmi Honda akan memeriksa dan mengganti ban yang rusak tersebut tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Yang perlu diketahui disini, Honda mengingatkan para pelanggannya untuk tidak mengganti sendiri ban yang bermasalah tersebut karena pola kembangan ban yang berbeda. Hal ini dikatakan bisa berpengaruh pada performa dan kinerja mobil yang bersangkutan.

Kira-kira bagaimana ya dengan Honda Civic Indonesia ?

Tags: , ,