Biker Tunanetra Tercepat di Dunia

Sebuah prestasi yang memukau sekaligus mengejutkan berhasil ditorehkan oleh seorang biker Skotlandia, Stuart Gunn. Pria yang berasal dari Edinburgh ini terbukti bisa menunjukkan skill-nya yang berbakat setelah sukses memecahkan rekor Guinness Book of Record sebagai biker tunanetra dan disabilitas (lumpuh) tercepat di dunia.

Stuart melakukan aksi pemecahan rekornya tersebut pada hari Sabtu lalu pada sebuah acara yang digelar Straightliners. Aksinya tersebut disaksikan langsung oleh 1.500 penonton, termasuk tim penyelenggara dan pencatat waktu profesional.

Dalam melakukan aksinya, Stuart menunggangi motor Suzuki Hayabusa dengan dibantu oleh sang ayah, Geoff yang memberikan instruksi kepada Stuart melalui interkom. Stuart dipandu oleh ayahnya seperti kapan harus mengoreksi saat keluar jalur, kapan harus mengerem, belok dan mempercepat laju kendaraan.

Pria 39 tahun itu akhirnya berhasil memecahkan rekor kecepatan dengan catatan waktu 268,86 km/jam. Itu artinya Stuart telah mematahkan rekor sebelumnya di North Yorkshire yakni sekitar 263 kilometer per jam.

11 tahun yang lalu, Stuart diketahui pernah mengalami kecelakan hebat. Insiden tersebut membuat tulang punggungnya patah di dua bagian, tulang rusuk retak, bahu remuk, serta bagian tubuh sebelah kanannya lumpuh. Ia sempat terpuruk atas insiden yang dideritanya. Setelah tangan kanannya bisa digerakkan, ia bangkit berkat dorongan dari sang ayah yang membuatnya kembali percaya diri untuk mengendarai sepeda motor.

Tidak semua orang memiliki keberanian seperti Stuart, bahkan orang normal sekalipun. Menurut Gunn, aksi yang dilakukannya ini adalah untuk memberikan bukti bahwa cacat fisik tidaklah membatasi seseorang untuk beraktivitas.

“Aku sudah lama berkendara bersama ayah, sehingga ini bisa berhasil. Selain itu yang paling penting adalah fakta bahwa buta atau cacat tidak akan membatasi hidupmu. Dan aku benar-benar gembira.” kata Stuart.