Bingung Memilih Moge yang Tepat ? Baca Dulu 4 Poin Penting Ini

Bicara tentang motor gede atau umum juga dikenal dengan sebutan moge, saat ini sudah banyak produsen moge kelas dunia yang menaruh perhatian lebih dan tertarik untuk menancapkan taringnya di Indonesia.

Meskipun pada dasarnya motor gede tidak bisa dikatakan sebagai barang murah melainkan lebih cocok dikategorikan sebagai mainan mahal orang-orang kaya, namun motor jenis ini terbukti memiliki cukup banyak penggemarnya di Tanah Air. Tak ayal jika kemudian hal tersebut disusul oleh perkembangan komunitas moge yang tumbuh cukup subur bak jamur, mulai dari wilayah perkotaan hingga ke daerah-daerah pelosok.

Jika Anda memiliki niat untuk membeli sebuah motor gede, ada baiknya Anda mengetahui beberapa poin penting berikut ini untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan moge seperti apa yang nantinya harus dibeli :

1. Pahami Karakter Pribadi dan Kebutuhan Anda dalam Memilih Tipe Moge
Membeli sebuah motor gede tidaklah semudah seperti membeli motor biasa, diperlukan sebuah perhatian khusus terutama dalam hal memahami karakter pribadi Anda seperti gaya dan hobi yang Anda miliki, lalu menyesuaikannya dengan mau digunakan untuk apa moge itu nantinya. Ini penting karena jika Anda salah dalam memilih moge yang tidak sesuai dengan kebutuhan maupun gaya dan hobi yang Anda miliki maka resikonya dapat mengurangi kenyamanan berkendara itu sendiri.

Yang perlu diingat disini adalah : “Kebutuhan Anda yang menentukan model, bukan keinginan.” Jadi pastikan bahwa Anda tidak memilih moge yang hanya kebetulan saja sedang Anda taksir namun tidak sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa model yang harus dipertimbangkan, misalnya saja yaitu : moge touring, moge ber-fairing, naked, trail, supermoto, cruiser, adventure, atau bahkan skuter besar.

Berikut ini beberapa jenis karakter dan pilihan tipe moge yang bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan :

– Jika Anda ingin membeli sebuah moge yang tujuannya hanya sebagai pengenalan semata, maka pertimbangan utama dalam membeli moge adalah kapasitas mesin dan cc yang tingkatnya masih di level “sedang” saja dulu untuk adaptasi. Misalnya saja seperti motor gede dengan mesin 400-600cc.

– Jika Anda hanya sebatas suka, dan memiliki tujuan membeli moge hanya untuk dipajang di rumah untuk dipandang-pandang saja, maka maka pilihlah moge yang tampilannya benar-benar mulus. Moge dengan tipe banyak chrome mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan karena secara tampilan sangat pantas untuk dipajang dan dipandang di rumah.

– Jika Anda adalah seorang pecinta kecepatan dan memiliki jiwa sport, maka sebaiknya jangan mengambil motor gede jenis cruiser. Pilihlah moge yang berjenis sport.

– Jika Anda termasuk pribadi yang suka dengan kegiatan perjalanan jauh alias touring, maka pilihlah moge touring yang biasanya berkapasitas mesin besar. Motor gede yang memiliki kapasitas mesin besar bisanya mampu memberikan kenyamanan berlebih ketika dikendarai untuk jarak jauh dan memiliki performa lebih baik daripada moge yang ber-cc kecil.

– Jika Anda ingin agar moge yang Anda beli kelak bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari maka pilihlah moge yang ramping, ringan dan lincah serta agak ekonomis konsumsi bahan bakarnya. Moge berjenis touring bisa dijadikan sebagai pilihan karena selain bisa digunakan untuk kendaraan sehari-hari, juga bisa digunakan untuk menempuh perjalanan jauh jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

2. Pilih Merk Favorit Anda
Ada kalanya beberapa orang telah sangat fanatik dengan merk motor tertentu dan tidak ingin yang lain. Meskipun kedengarannya sepele, namun jika Anda termasuk tipe orang yang memiliki ketertarikan berlebih pada sebuah merk tertentu maka kondisi ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Pastikan Anda mendapatkan moge dengan tipe dan jenis yang sesuai dengan merk favorit Anda. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli moge dari produsen (merk) lainnya hanya karena nafsu sesaat, karena pada umumnya orang-orang yang bertipe seperti ini pada akhirnya akan merasa cepat jenuh jika tidak mengendarai motor dengan merk yang telah terlanjur membekas di hati.

3. Pilih Moge dengan Populasi yang Besar
Dalam memilih sebuah motor gede, jangan terlalu berpikir untuk menjadi pribadi yang unik dan lain dari yang lain. Mungkin awalnya akan terlihat keren ketika Anda memiliki sebuah moge yang hanya satu-satunya terdapat di wilayah tempat tinggal Anda sekarang. Tapi masalah baru akan muncul ketika Anda kesulitan dalam mencari spare part dan tempat servis atau bengkel. Karena itulah pilihlah motor gede dengan populasi yang terbilang cukup banyak di wilayah sekitar Anda.

4. Pilih Moge yang Sesuai dengan Budget Anda dan Jangan Terburu-Buru
Setelah Anda memiliki keputusan yang bulat terkait moge jenis apa yang ingin Anda beli, maka berikutnya adalah menyiapkan budget atau dana yang ingin Anda gelontorkan untuk sebuah moge idaman. Cari tahu harga pasar dari moge yang Anda inginkan dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Jika budget yang Anda miliki sekarang ternyata belum mencukupi dengan harga moge yang Anda idam-idamkan, maka solusinya adalah : “lebih baik menunda hingga budget Anda mencukupi.” Kenapa harus menunda ? Ya karena membeli moge bukanlah sebuah kebutuhan yang mendesak, melainkan lebih bersifat sebagai sebuah “hobi”.

Lebih baik terlambat tapi benar-benar telah sesuai dengan keinginan Anda, daripada buru-buru dan akhirnya malah memaksakan diri membeli moge yang tidak sesuai dengan kemantapan hati dan bisa mengakibatkan penyesalan di kemudian hari. Gunakan waktu Anda untuk mempelajari lebih banyak terkait moge yang dincar sembari mengumpulkan dana yang cukup untuk membelinya kelak. Jika nantinya budget Anda sudah mencukupi maka yang tak kalah penting lainnya adalah : “jangan menghabiskan uang Anda tersebut hanya untuk membelinya saja”. Pastikan Anda juga menyisakan uang dari budget Anda tersebut dengan tujuan untuk menyempurnakan kondisi motor gede tersebut, contohnya saja menambah variasi sesuai selera agar bisa menciptakan rasa nyaman dan bangga dalam mengendarai moge tersebut.

 

Tags: ,