Brutus Motor SUV

Namanya Brutus. Inilah gebrakan perusahaan sepeda motor baru OVER. Selain nama baru yang jadi tanya tanya, desain motor ini begitu extrim bahkan ada yang menyebut brutal. Heboh lainnya, embel-embel SUV pun melekat karena Brutus mengusung konsep sepeda motor SUV (sport utility vehicle) yang mampu melibas medan berat (off road).

Orang di belakang penciptakan motor ini pun jadi berita. Dialah, Tartarini mantan desainer Lambretta sekaligus putra pendiri salah satu produsen sepeda motor Italia, Italjet. Menurut dia, Brutus tampil sebagai kendaraan roda dua yang memiliki karakter teknis seperti SUV roda empat. Hal itu setidaknya dapat diliat dari penggunaan roda besar berprofile off-road.

Kaki-kaki yang ekstrem menggunakan ban off-road dari Maxxis Bighorn bertapak ekstra lebar. Diameter garpu depan besar, lengan ayun kotak padat dan berisi. Dengan ban ini, diharapkan bisa melibas lumpur, berjalan di pasir tebal ataus alju.

Walau tampil dengan body besar, ternyata motor konsep ini hanya dibekali mesin 750cc. Namun, Tartarini telah membedah mesin tersebut sehingga memiliki tenaga dan torsi besar. Menurutnya, Brutus tak memerlukan kecepatan tinggi.Baginya, sepeda motor SUV lebih penting bilamemiliki keunggulan dalam rasa dan mampu menghasilkan pengalaman berkendara ketika digunakan.

Alhasil, Brutus mampu hidup di segala medan, termasuk jalan belumpur dan salju sekalipun. “Brutus akan memberikan kesenangan, dan secara emosional akan mengajak Anda melihat keajaiban serta keunikan alam yang tak bisa dilakukan sepeda motor lain denga nmudah,” ujar Tartarini.

Tartarini juga mengatakan bahwa Brutus mudah dikendarai. Sistem transmisi otomatis CVT 2-speed akan menjawab tuntutan itu. Bahkan, uniknya, transmisi Bremo tersebut memiliki satu perseneling mundur “R”.

Brutus adalah konsep pra-produksi dan diposisikan sebagai sepeda motor SUV siap diproduksi massal mulai tahun depan. Keseriusan Brutus tidak setengah-setengah, karena Husqvarna juga menawarkan paket konversi khusus “salju” seperti kaki ski untuk roda depan dan ban panser di belakang, seperti sepeda motor salju. Aksesori lain yang disiapkan adalah generator, derek (winch), tuas derek dan kereta samping.

Data Spesifikasi

Engine : Single cylinder, 4-stroke DOHC, 4 valves
Displacement : 750 cc
Bore and Stroke : 106 x 85 mm
Power : 45 hp
Fuel : Unleaded Petrol RON. 95
Compression Ratio : 10: 1
Transmission : CVT with reverse
Clutch : Dry
Chassis : Frame in high strength steel
Front suspension : Telescopic hydraulic fork with Ø 43 mm
Rear suspension : Hydraulic shock absorber double effect, with adjustable spring preload
Front brake : Stainless steel disk, Ø 260 mm, floating caliper
Rear brake : Stainless steel disk, Ø 260 mm, floating caliper
Front wheel : Light alloy – 14 x 6 ”
Rear wheel : Light alloy – 14 x 7.5 ”
Front tire : Tubeless AT 26X8 – 14 ”
Rear tire : Tubeless AT 26X10 – 14 ”

Tags: ,