Cara Merawat Motor Matic

Cara Merawat Motor Matic

Saat ini pengguna motor matic telah menjamur baik dikalangan remaja hingga orang tua. Salah satu yang menyebabkan motor ini banyak disukai karena kemudahan dalam berkendara. Lalu sudahkah Anda ketahui bagaimana cara merawat motor matic?. Jika belum, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Tips Cara Merawat Sepeda Motor Matic

Jika Anda salah satu pengguna motor matic. Tentunya Anda tidak ingin jika motor Anda mudah rusak. Oleh karena itu bagi Anda penggunanya maka pastikan untuk melakukan perawatan motor tersebut. Adapun tips cara merawat motor matic akan diulas dalam uraian berikut, Anda bisa menyimaknya dengan seksama.

  1. Pastikan Jangan sampai kehabisan Bahan Bakar

Salah satu cara merawat motor tentunya hindari kebiasaan kehabisan bensin. Jadi pastikan Anda tidak kehabisan bensin saat sedang berkendara. Pasalnya bahan bakar yang habis tersebut akan merusak mesin, terlebih pada mesin motor matic. Jadi, saat indikator sudah mendekati E maka Anda bisa segera mengisinya hingga full, jadi tidak akan khawatir kehabisan bensin saat berkendara.

  1. Ganti Oli Secara Rutin

Oli memiliki fungsi yang sangat penting bagi motor Anda. Oleh karenanya memperhatikan oli yang ada di motor Anda sangatlah perlu. Anda perlu melakukan perawatan  motor dengan mengganti oli secara rutin.

Untuk oli biasa perlu Anda ganti saat tiap motor matic yang telah digunakan dengan jarak tempuh sejauh 1000 km sedangkan untuk penggantian oli transmisi atau oli gardan paling tidak maksimal saat motor matic Anda sudah mencapai 5000 km.

Namun jika Anda tidak bisa menggunakan acuan tersebut maka Anda bisa melakukan perawatan 2 hingga 3 bulan sekali. Untuk olinya Anda bisa menyesuaikan jenis oli dengan spesifikasi motor Anda.

  1. Panaskan Motor Setiap akan digunakan

Biasanya orang menggunakan motor setiap harinya mulai pagi hari. Entah untuk pergi berbelanja, pergi ke kantor hingga untuk perjalan kuliah. Oleh karenanya Anda perlu memanaskan motor matic Anda saat pagi hari sebelum digunakan untuk aktivitas apapun.

Fungsi dari kegiatan memanaskan motor tersebut adalah untuk menjaga agar oli dalam mesin dapat berfungsi dalam melumasi mesin motor. Jadi mesin motor akan bekerja lebih maksimal. Untuk proses ini Anda gunakan kick starter saja dengan hanya perlu waktu sekitar 5 hingga 10 menit saja. Pasalnya jika Anda menggunakan starter elektrik akan mengurangi daya baterai dalam motor.

  1. Cek kondisi dan Perawatan Pada Aki

Hal yang tidak boleh terlewatkan adalah memastikan kondisi AKI motor Anda selalu dalam keadaan prima. Pasalnya jika AKI sampai rusak atau mati maka akan berpengaruh pada melemahnya power motor hingga cahaya lampu yang menjadi redup. Oleh sebab itu Anda bisa mengganti AKI atau melakukan cek rutin dibengkel pada kurun waktu 7 hingga 8 bulan sekali.

  1. Menggunakan Starter dengan Baik

Saat berkendara maka Anda perlu menstabilkan kecepatan gas. Jadi hindari menggurangi kecepatan motor secara tiba-tiba dan sebaliknya. Pasalnya hal semacam ini bisa menyebabkan mesin mudah rusak. Selain dapat mengganggu kinerja mesin juga merusak vanbelt motor.

  1. Melakukan servis secara rutin

Walaupun dirasa motor Anda masih dalam keadaan baik-baik saja. Namun tidak ada salahnya jika Anda melakukan perawatan motor dengan melakukan servis rutin. Nanti karyawan pihak bengkel akan melakukan pengecekan meliputi oli, setting motor hingga mesin karburator dan yang lainnya. Jadi Anda motor Anda akan lebih awet dan terawat

Tulisan diatas merupakan cara sederhana merawat motor matic yang bisa Anda lakukan. Melakukan perawatan pada motor juga sangat penting sehingga bisa berkendara dengan aman dan nyaman.