Cara Mudah Mengemudi Mobil Saat Musim Hujan

Saat mengendarai mobil, musim hujan bisa menjadi momen yang cukup mengganggu. Risiko kerusakan hingga kecelakaan dapat terjadi apabila memaksa untuk mengendarai mobil di musim hujan jika tidak berhati-hati. Oleh karena itu, ketahui bagaimana cara mudah mengemudi saat musim hujan.

 

Bagaimana Cara Mengemudi Mobil Saat Hujan?

Saat memasuki musim hujan, mengendarai mobil tentu akan lebih berisiko. Hal tersebut perlu membuat Anda lebih was-was saat ingin mengendarai mobil. Pasalnya, ada banyak antisipasi yang perlu dilakukan saat berkendara di musim hujan. Berikut diantaranya:

  • Nyalakan lampu depan

Sangat penting untuk menyalakan lampu depan yang ada pada mobil. Lampu tersebut akan menjaga penglihatan Anda saat mengendarai mobil di tengah hujan. Anda juga bisa melakukan hal ini saat berkendara di jalanan umum ataupun jalan tol.

Dengan lampu yang menyala terang, Anda tidak akan kesulitan untuk melihat kondisi jalan yang ada di depan. Dengan begitu, berkendara pun akan lebih mudah dan aman dilakukan.

  • Hidupkan lampu fog

Lampu fog bisa Anda nyalakan selain lampu depan. Terlebih saat Anda mengendari mobil saat hujan di alam hari. Pasalnya, penglihatan saat hujan tentu akan kurang baik sehingga sangat penting untuk menyalakan lampu fog. Dengan begitu, Anda akan terbantu dalam melihat arah depan.

  • Jaga jarak

Seperti yang diketahui, saat berada di kondisi biasa setiap pengendara dianjurkan untuk menjaga jarak dengan pengendara lainnya. Terlebih saat musim hujan tiba, sangat penting bagi Anda untuk tidak terlalu dekat jaraknya dengan kendaraan lain.

Tidak hanya itu saja, Anda bahkan tidak disarankan untuk menyalip kendaraan lainnya. Pasalnya, hal tersebut sangat membahayakan. Selain jalanan lebih basah dan licin tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan pengereman akan lebih sulit untuk dilakukan.

  • Perhatikan kecepatan

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Pasalnya, biasanya saat musim hujan tiba kondisi jalanan terdapat genangan air. Hal tersebut bisa saja menyebabkan mobil menjadi lebih mudah untuk tergelincir.

Selain itu, apabila sudah terjadi banjir maka kecepatan tinggi hanya akan menyebabkan mobil mengalami water hammer. Yakni sebuah kondisi dimana ruang mesing terlalu banyak mengandung air sehingga bermasalah dalam melakukan kompresi. Akhirnya hal tersebut membuat mesin mati.

  • Gunakan gigi 1

Saat Anda ingin melewati banjir, maka ada baiknya untuk menggunakan gigi 1 saja. Hal tersebut perlu dilakukan saat menggunakan mobil yang memiliki transmisi manual. Dengan begitu, air banjir tersebut tidak akan masuk ke dalam knalpot sehingga menyebabkan berbagai gangguan.

Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka bisa saja knalpot mobil akan terisi banyak air. Anda pun harus mengeluarkan banyak biaya karena mobil tersebut perlu diservis.

  • Hindari tepi jalan

Sangat penting bagi Anda untuk tidak mengendarai mobil di tepi jalanan. Hal tersebut tidak lain karena saat musim hujan tiba terkadang jalanan dapat menjadi keropos dan lebih mudah rusak. Terlebih struktur jalan yang ada di tepi juga tidak selalu sama dengan jalan yang ada di tengah.

Oleh karena itu, pastikan Anda meghindari berkendara di bagian tepinya. Bagian tepi jalan sendiri umumnya memiliki struktur yang jauh lebih rendah dibandingkan bagian tengah jalan. Hal tersebut dapat menimbulkan genangan air yang sangat mengganggu kendaraan saat dilewati.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mudah mengemudi mobil saat musim hujan. Beberapa cara tersebut sangat penting untuk Anda terapkan pasalnya mobil memiliki risiko lebih banyak jika dipaksakan untuk berkendara saat turun hujan. Setidaknya, dengan menerapkan beberapa cara di atas Anda akan lebih nyaman saat berkendara.

 

Tags:

Related Post