Ford Tercengang, Indent Fiesta ST di Eropa Membludak !

Sejak pertama kali diperkenalkan dan dijual ke publik beberapa waktu yang lalu, produsen mobil asal Amerika Serikat – Ford tak pernah menyangka bila Fiesta ST turbocharged akan mendapat sambutan yang luar biasa di pasar Eropa. Pihak Ford menyatakan bahwa mereka menerima pesanan dua kali lipat dari jumlah yang diperkirakan sebelumnya dalam enam bulan pertama penjualannya. Dengan negara Inggris sebagai calon pembeli potensial yang mendominasi sepertiga dari total seluruh pesanan.

Pihak Ford awalnya hanya berencana memproduksi 5.000 unit Fiesta ST di tahun pertamanya di Eropa. Tapi prediksi tersebut luput lantaran di Inggris saja pemesannya sudah lebih dari 3.000 unit sejak diperkenalkan pada bulan Maret lalu. Alhasil demi memenuhi permintaan pasar yang membludak tersebut, Ford memutuskan untuk meningkatkan kapasitas produksi sebesar 15 persen atau menjadi 60 unit perhari.

Menurut Roelant de Waard selaku Wakil Presiden Penjualan, Pemasaran dan Layanan Purna Jual Ford Eropa, reaksi konsumen dan media yang positif terhadap Fiesta ST memang telah berlangsung sejak mobil ini pertama kali diluncurkan

“Reaksi konsumen dan media terhadap peluncuran Fiesta ST luar biasa. Terbukti dengan jumlah pemesan yang cukup besar. Kami akan berusaha memberikan yang terbaik, meningkatkan produksi agar dapat memenuhi permintaan dengan cepat,” jelas Roelant de Waard.

Berdasarkan data, 45 persen konsumen memilih warna Pearlescent Molten Orange dan Spirit Blue Metallic. Sedangkan di Inggris, tipe yang banyak diminati hingga mencapai angka 56 persen adalah model ST2 dengan spesifikasi lebih tinggi.

Salah satu yang menjadi faktor laris manisnya mobil ini di pasaran adalah karena baru-baru ini Ford menambahkan upgrade mesin Mountune setara Rp 30 jutaan dengan garansi resmi pabrik yang diklaim mampu mendongkrak tenaga Fiesta ST dari 180 hp menjadi 212 hp, serta meningkatkan torsi dari 290 Nm menjadi 320 Nm. Sebagai informasi, untuk model 2020, varian ST dijual 799 poundsterling atau sekitar Rp 20,5 juta lebih mahal dibanding varian sebelumnya.

Tags: ,