Masalah-Masalah pada Vespa Matic, Pertimbangkan Sebelum Membeli

Vespa matic memang menjadi perhatian sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia. Banyak orang yang berbondong-bondong membelinya karena tampilannya yang klasik namun memiliki kualitas mesin yang bagus. Meskipun memiliki banyak kelebihan, vespa matic tetap memiliki berbagai masalah yang mungkin anda temui jika anda membelinya. Berikut beberapa masalah yang ada pada vespa matic yang bisa menjadi pertimbangan anda sebelum membelinya.

Masalah Umum Vespa Matic

Berikut beberapa masalah umum yang terjadi pada vespa matic dan cara mengatasinya yang dikutip dari beberapa sumber.

  1. Gejala Gregel

Gejala gregel merupakan masalah umum vespa matic yang sangat sering ditemui. Gejala ini kerap kali muncul ketika vespa matic sudah menempuh jarak lebih dari 5000 km. Bahkan ada beberapa vespa matic yang sudah memiliki gejala grenjel setelah digunakan pada jarak 4000 km. Gejala ini seringkali timbul akibat adanya slip yang terjadi pada kampas kopling dan mangkok yang berada di area CVT. Hal ini disebabkan oleh kotoran dan debu yang menempel dan menimbulkan kerak atau komponen kampasnya memang sudah aus.

Solusi terbaik jika anda sudah mulai merasakan gejala grenjel ini adalah dengan cara membersihkan area CVT. Tidak baik untuk menunda-nunda membersihkan area tersebut karena kotoran dan debu yang terlalu lama menempel bisa menjadi kerak dan semakin merusak komponen lainnya. Jika perlu, anda harus melakukan service rutin ke mekanik, bengkel atau ahli untuk melakukan pengecekan CVT sekaligus membersihkannya dengan benar.

Jika setelah dibersihkan vespa matic anda tetap merasakan grenjel, langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti satu set komponen CVT dari vespa matic anda. tentu harganya mahal apalagi jika anda memilih merek yang bagus. Pilihannya ada banyak mulai dari produk standar pabrikan atau produk aftermarket yang harganya cukup mahal.

  1. Tali Rem

Rem merupakan salah satu komponen penting yang harus bekerja prima karena menjadi tumpuan utama saat motor melakukan deselerasi. Kerusakan atau masalah pada rem bisa menjadi fatal dan berbahaya karena menyebabkan kecelakaan. Namun sayangnya, vespa matic seringkali mengalami tali rem macet. Hal ini dikarenakan diameter kabel vespa matic lebih besar serta cepat berkarat. Karat inilah yang menyebabkan rem menjadi berat dan tidak bekerja prima.

Hal yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan rutin pada sistem pengereman vespa matic anda. semakin cepat anda mengetahui karat yang ada pada tali rem, semakin cepat anda bisa mengalaminya sehingga tidak mengakibatkan bahaya yang lebih besar.

  1. Karet Bushing

Masalah umum yang banyak terjadi pada vespa matic adalah karet bushing yang mudah rusak dan aus, padahal belum terlalu lama digunakan. Karet bushing ini mudah rusak jika anda sering melewati jalan yang rusak, tidak mulus, sering menanjak atau jalan yang tergenang. Ketika vespa matic melewati jalanan yang rusak atau jalanan yang tergenang, engine mounting akan cepat aus dan harus diganti. Karet bushing ini tidak memiliki waktu penggantian yang rutin. Jika anda sudah melihat karet bushing tampak kendor atau berongga, anda harus segera menggantinya di bengkel untuk keselamatan anda.

  1. Biaya

Setelah melihat rincian masalah-masalah yang sering terjadi pada vespa matic diatas, solusi akhir untuk tetap bisa berkendara dengan vespa matic dengan nyaman dan aman adalah dengan mengganti komponen dengan yang baru. Sejalan dengan harga sepeda motor vespa matic yang sangat mahal, biaya pembelian suku cadang dari vespa matic juga tidak kalah mahal. Belum lagi komponen vespa matic cukup rumit dan benar-benar harus dilakukan oleh ahli, jadi anda juga harus menambah biaya jasa pasang dan service komponen tersebut. Itulah kenapa anda harus mempertimbangkan pembelian vespa matic, karena anda harus siap dengan biaya perawatannya yang cukup mahal.

Masalah-masalah yang sudah diuraikan diatas tentu tidak terjadi di semua vespa matic. Semua tetap tergantung pada kualitas merek dan cara anda merawat vespa matic tersebut.

Nah itulah tadi artikel tentang masalah-masalah yang biasanya terjadi pada vespa matic dan cara mengatasinya. Semoga artikel diatas dapat menjadi referensi anda sebelum membeli vespa matic. Semoga bermanfaat!

Related Post