McLaren MP4-12C Versi Mobil Balap ini Hanya Dibikin 20 Unit !

Sebuah versi terbaru dari McLaren MP4-12C terlihat tengah diparkir di ajang Goodwood Festival of Speed. Mobil tersebut kabarnya merupakan MP4-12C versi mobil balap yang memiliki nama lengkap : McLaren MP4-12C GT Sprint.

Sekilas, tampilannya memang masih mirip dengan MP4-12C versi standar. Hanya saja mobil ini terlihat jelas sudah dilengkapi dengan beberapa komponen balap. Tapi eits jangan keburu salah sangka dulu, karena ternyata ini bukanlah mobil balap super yang dikeluarkan oleh McLaren layaknya 12C GT3 ataupun 12C GT Can-Am Edition, lantaran mesin aslinya tidak di-upgrade alias masih dipertahankan sebagaimana adanya.

EKSTERIOR

Hadir dalam balutan warna khas McLaren, eksterior 12C GT Sprint dirancang untuk memaksimalkan sistem aerodinamisnya. Bemper depan yang ditambah bibir spoiler guna meningkatkan daya cengkeram terlihat lebih agresif. Radiator mobil ini dipindahkan posisinya ke ruang bagasi depan, alhasil kap dibuatkan celah udara (air scoop). Pada bemper belakang dikasih sayap serat karbon yang sejajar dengan atap.

Keempat roda memakai pelek 19 inci dipasangi ban jenis slick (khusus jalan kering) dari Pirelli. Untuk pengurang laju, mobil ini memakai cakram dari carbon ceramic agar lebih pakem. Sama halnya dengan versi balap, Sprint GT juga dilengkapi dengan on-board air jacking untuk memudahkan penggantian ban tanpa harus mendongkrak.

INTERIOR
Masuk ke dalam kabinnya, aroma mobil balap terpancar berkat penggunaan rollbar sesuai standar regulasi FIA yang diintegrasikan dengan sistem pemadaman api. Selain itu, jok balap dibuat dari bahan yang ringan namun kuat agar nyaman dan aman untuk pengemudi. Desain dabsor juga ikut dimodifikasi ala balap seperti panel meter dan juga setir. Menariknya, varian ini masih dilengkapi pendingin kabin (AC).

DAPUR PACU
McLaren MP4-12C versi supercar track ini masih menggendong mesin yang sama dengan versi standarnya, yakni mesin V8 twin turbo berkapasitas 3,8 liter, yang dapat mengeluarkan tenaga maksimum hingga 592 HP pada putaran mesin 7.000 rpm, dan torsi puncak 443 lb-ft, antara 3.000 dan 7.000 rpm. Catatan akselerasi yang mampu ditembus 0-100 km/jam oleh MP4-12C adalah 3,3 detik, dengan kecepatan maksimal 205 mph atau 330 km/jam.

Sama seperti mesinnya, pemindah tenaga melalui transmisi 7-percepatan dengan kopling ganda juga masih tetap dipertahankan. Yang membuat supercar ini menjadi beda ketimbang versi sebelumnya adalah sistem oli dan pendinginnya yang dipindahkan ke depan dan menggunakan Central Front Radiator hasil pengembangan dari GT3. Kemudian untuk mendapatkan daya cengkeram optimal, suspensi juga sudah disetel gaya balap. Karena itulah mobil ini menjadi lebih ceper sekitar 40 mm.

HARGA

McLaren MP4-12C versi mobil balap ini hanya diproduksi sebanyak 20 unit saja ! Untuk mendapatkannya, Anda harus merogoh kocek hingga 200.000 poundsterling atau sekitar Rp 5 miliar. Itupun di luar pajak dan biaya pengiriman.

McLaren MP4 12C sejatinya merupakan salah satu supercar keluaran McLaren yang paling sukses di pasaran. Tak heran jika kemudian banyak varian yang dibuat menggunakan base design supercar ini. McLaren MP4 12C dibuat menggunakan chassis MonoCell berbahan serat karbon super ringan.

Tags: ,