Membeli Motor Bekas Secara Kredit

Memiliki kendaraan pribadi tampaknya menjadi suatu keharusan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Hingga saat ini, sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang sangat di andalkan oleh masyarakat.

Sayangnya, dalam memenuhi kebutuhan akan sebuah sepeda motor masih cukup sulit. Tetapi hal ini masih bisa di akali dengan cara membeli sepeda motor dengan cara kredit.

Untuk membeli sepeda motor pastinya kita membutuhkan uang muka (DP), jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit tergantung dengan jenis motor yang kita inginkan. Belum lagi angsuran per bulan dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan terkadang masih juga memberatkan.

Pilihan terakhir adalah membeli motor bekas dengan cara kredit, hal ini mungkin bisa membantu bagi masyarakat yang ingin memiliki sepeda motor pribadi dengan harga yang masih bisa dijangkau.

Sebelum membeli sepeda motor bekas dengan cara kredit, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut :

1. Lakukan Perbandingan dan Tentukan Pilihan

Sebelum membeli, tentu Anda harus mengetahui motor seperti apa yang Anda cari, di mana tempat penjualnya, dan bandingkan dengan penjual motor lainnya. Setelah Anda selesai melakukan survei motor dari berbagai penjual, sekarang saatnya Anda menentukan pilihan. Pilihlah motor yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

2. Ajaklah Orang yang Mengerti Mesin

Sebelum proses bayar membayar dimulai, Anda harus meyakinkan diri Anda bahwa motor bekas yang akan Anda beli ada dalam kondisi yang baik. Hal pertama yang perlu Anda cek tentu mesinnya. Tidak semua orang mengerti dan bisa melihat kondisi mesin motor.

Jika Anda tidak mengerti apa-apa soal mesin, sebaiknya ajak orang lain yang mengerti soal hal tersebut. Kondisi motor adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena kalau mesinnya tidak baik, pasti performanya buruk atau bahkan tidak bisa hidup. Setelah Anda sudah yakin bahwa motor bekas itu memiliki mesin yang masih bagus, silakan proses ke tingkat selanjutnya.

3. Pilih Lembaga Finance yang Kredibel

Ketika berbicara soal pembayaran secara kredit, pasti mau tidak mau Anda harus berhubungan dengan lembaga finance sebagai pemberi kredit. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat memilih lembaga finance ini. Pilihlah lembaga finance yang kredibilitasnya tinggi agar Anda tidak terjebak pada penipuan oleh lembaga palsu.

4. Baca Dengan Teliti Perjanjian Kredit

Setelah menjatuhkan pilihan perusahaan leasing yang akan dipakai, maka Anda akan mengikatkan perjanjian kredit antara Anda dengan pihak pemberi kredit. Perhatikan dan baca dengan teliti perjanjian tersebut. Jangan sampai perjanjian yang dibuat malah merugikan Anda nantinya. Meski konsekuensinya Anda akan lebih ribet, tapi lebih baik ribet di awal kan daripada merugi nantinya?

5. Pastikan Semua Surat Motor Lengkap

Proses kepemilikan motor dilihat dari surat-suratnya. Jadi sebelum membeli motor bekas ini, pastikan dulu bahwa semua surat-suratnya masih lengkap. Selain itu, pastikan kepada lembaga finance pilihan Anda untuk menyelesaikan proses pengubahan data kepemilikan motor tersebut. Perhatikan hal-hal ini secara mendetil, karena jika Anda lalai maka Anda akan mengalami kesulitan nantinya bahkan bisa terjerat masalah hukum.

6. Jangan Malu Untuk Bertanya

Apabila setelah mengetahui 5 tips di atas Anda masih merasa ragu-ragu, maka ada baiknya jika Anda bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman membeli motor bekas secara kredit. Dengan begitu, Anda bisa merasa lebih yakin dalam melakukan ini dan Anda bisa menghindari kerugian-kerugian yang mungkin saja terjadi. Jangan malu untuk bertanya pada yang lebih berpengalaman.