Mobil Antik Ex Ratu Elizabeth II Dilelang

Jika menurut Anda hobi mengoleksi mobil antik saja sudah termasuk kegiatan yang terbilang istimewa, maka apa jadinya jika Anda mengoleksi mobil antik bekas Ratu Inggris ? Sebagai mobil yang berstatus ‘mobil kerajaan’, tentunya mobil berkasta tinggi dari jenis ini bukanlah mobil biasa yang bisa ditemukan di tempat lain.

Satu-satunya tempat yang bisa dijadikan rujukan untuk mencari mobil tersebut adalah Istana Buckingham. Hanya saja sayangnya kerajaan Inggris cenderung jarang mengeluarkan mobil-mobil lawas mereka untuk dilempar kepada publik. Namun baru-baru ini beredar kabar bahwa keluarga kerajaan Inggris akan menjual salah satu mobil antik yang selama ini telah lama mereka simpan.

Mobil antik tersebut adalah Limousine (Jaguar) Daimler Super V8 LWB 2001 yang dulunya digunakan oleh Ratu Elizabeth II. Mobil ini merupakan model yang dibuat khusus untuk digunakan oleh Ratu Inggris tersebut, jika beliau ingin berkendara di seputar Puri Windsor dan Istana Buckingham. Selama tiga tahun pengabdiannya, sang Ratu membukukan jarak tempuh 15.242 mil (24.529 km) yang tercatat dalam dometernya.

Mobil antik bekas Ratu Elizabeth II tersebut juga telah dibekali dengan sejumlah sentuhan istimewa yang dibuat sesuai permintaan langsung dari sang Ratu. Contohnya saja seperti sandaran tangan tengah dengan bagian yang bisa digeser sebagai penahan tas tangan. Kemudian mobil antik ini juga dilengkapi lampu strobo biru dan peralatan komunikasi non-fungsional.

Daimler Super V8 LWB 2001 ini dibekali dengan mesin 4.0 liter V8 Supercharged yang sanggup menyemburkan tenaga hingga 375 bhp. Kondisinya baik dari segi eksterior maupun interior juga terbilang masih cukup mulus.Rencananya mobil antik bekas Ratu tersebut akan dilelang pada 31 Agustus 2021 mendatang oleh Historics di Brooklands. Hingga saat ini tidak diketahui secara pasti apa yang melandasi keputusan keluarga kerajaan Inggris hingga akhirnya melelang mobil tersebut. Sebagai patokan awal, lelang mobil ini nantinya akan dibuka dengan harga mulai dari 25-30 ribu poundsterling, atau sekitar Rp 390,5 juta – Rp 468,6 juta. Anda tertarik ?

Tags: ,