Modifikasi Binter Merzy Old Skull

Aliran modifikasi Kawasaki KZ200 atau yang lebih dikenal dengan Binter Merzy selalu menganut Chooper dan Harley Davidson look, karena memang basisnya bagus untuk desain tersebut. Namun modifikasi binter Merzy yang satu ini, memang sealiran namun lebih extreme, dengan bergaya Old Skull atau gaya klasik ala tahun 20’an.

Bergaya klasik tentu akan menjadi daya tarik tersendiri, dengan warna solver yang dipadu dengan laburan krom membuat motor ini menjadi semakin mewah. Kesan klasik diperkuat oleh suspensi belakang yang bermodel rigid, sok depan model springer, dan jok single seater dari sepeda onthel. Dan kesan garang diperoleh dari mesin double silinder.

Motor binter merzy ini dibangun ulang mulai dari nol, dengan gabungan dua modifikator jempolan dunia yaitu Bukan Motor Sport (BMS) dari Chicago Barat dan Pasti Berdiri Custom (PBC) Jaipur. Dengan konsep klasik, maka kudu buat rangka baru yang terbuat dari pipa seamless 31mm. Bentuk rangkanya pun simple tapi sangat presisi, sehingga kemudi masih nyaman dan tidak oleng.

Sementara untuk tangki dibuat custom dari plat besi, tetap mengantu gaya klasik tangkinay pun berbentuk lonjong semi kotak. Tangki ini kemudian dilabur warna silver metalik, dan agar cantik bagian atas tangki diberi plat yang dikrom dan ditancapi beberapa buah baut. Saptbor belakang juga dibuat custom dari bahan plat dan dilabur warna silver metalik juga.

Kaki-kaki Binter Merzy ini juga unik, depan model springer yang menjadi tren motor tahun 20’an. Sok springer ini merupakan custom buatan sendiri dengan mengandalkan pipa besi dan dibantu dua buah pegas bekas sok belakang. Rem depan mengadopsi rem tromol dari CB200 yang mempunyai diameter yang lebar. Untuk kaki belakang model rigid, arm tergabung dengan rangka, sedangkan rem belakang mengandalkan cakram dari Ninja.

Untuk mesin sedikit mengalami modifikasi, dari asalnya mesin yang mati total, namun diperbaiki dengan mengkanibal beberapa komponen motor lain sehingga mesin kembali hidup. Lalu silinder blok ditambah lagi satu buahm sehingga motor ini memiliki dua buah silinder, namun silinder tambahan tersebut hanya variasi alias tidak berfungsi. Penambahan tersebut dimaksudkan agar makin gagah, dan mengisi ruang tengah yang kosong.

Beberapa aksesoris juga nempel pada motor ini untuk mempercantik tampilannya. Jok dari sepeda onthel beserta pegasnya. Lampu depan juga mengadopsi dari sepeda onthel. Dan untuk setang diaplikasi model custom dan disesuaikan dengan bentuk motor. Dengan begini tampilan motor benar-benar jadi old Skull, klasik nan asik.