Motor Drag Keren Khusus Ben Spies

Sempat absen di beberapa laga MotoGP akibat cedera yang dialaminya rupanya tidak menjadi halangan bagi Ben Spies untuk tetap beraksi. Hanya saja kali ini suasananya agak berbeda lantaran pembalap andalan Pramac Ducati Texas tersebut bukannya turun ke lintasan MotoGP, melainkan mendapat kehormatan untuk ikut serta dalam ajang dragrace yang berlangsung di trek lurus Brickyard, Indiana, Amerika Serikat. Yang menarik, Ben Spies tidak hanya menggunakan motor drag biasa disana, melainkan menggeber sebuah motor drag keren yang dirancang khusus hanya untuk dia seorang.

Motor drag yang digunakan Ben Spies tersebut merupakan sebuah Ducati Diavel Custom yang dipersiapkan oleh Advanced Motorsports Ducati (AMD) Dallas, Amerika Serikat. Tidak hanya mengalami ubahan desain pada bodi, motor sport asal Italia inipun mengalami sentuhan modifikasi pada sektor dapur pacu.

Sebagai penunjang tenaga AMD mengganti sejumlah komponen seperti setang piston, piston kompresi tinggi, klep titanium, noken as dan kruk as dan penyesuaian pada silinder head. Hasilnya tenaga Diavel terdongkrak menjadi 175 PS atau naik 25 PS dari tenaga awal. Tak itu saja, modifikasi pada motor drag ini juga membuatnya mendapat pengurangan bobot hingga 40 kilogram !

Sementara untuk tampilan luarnya, Diavel Ben Spies tersebut dicat dengan tema Texas yang identik dengan warna kombinasi putih dan biru. Tampang motor ini kemudian dimaksimalkan dengan produk aksesoris Rizoma seperti fairing lampu serat karbon, setang alumunium, grip, tuas rem dan kopling, serta cover/penutup master rem, kopling dan pompa pendingin. Terakhir, AMD mengadopsi axle protection dan EVO foot controls.

Sebelum melakukan aksi drag race tersebut, mantan juara dunia Worldsuperbike musim 2009 itu dipastikan sudah dalam kondisi fit 100 persen. Usai beraksi, Spies menanda tangani motor drag yang ia tunggangi tersebut sebagai kenang-kenangan dan dilelang di AIMExpo, Orlando, Florida, AS.

Motor ini dibanderol sekitar 30.000 dolar AS atau Rp 450 juta. Hasil lelang motor tersebut kemudian disumbangkan kepada Dave Stanton (pembalap yang akhirnya menderita kelumpuhan dari pinggang ke bawah setelah mengalami cedera pada tulang belakang di Thunderhill pada Juni lalu). Stanton adalah sahabat lama dari Spies dan kepala mekaniknya, Tom Houseworth.

Spies merupakan pembalap MotoGP asal Amerika Serikat yang terpaksa absen di laga MotoGP sejak seri Austin pada April lalu karena masalah pada otot dadanya sebagai dampak dari cedera bahu yang berkepanjangan. Cedera yang cukup parah tersebut membuat Spies harus melewatkan tujuh seri. Pekan ini, Spies dipastikan bakal kembali beraksi di MotoGP Indianapolis, Amerika Serikat.