Nissan Evalia Dimodifikasi Tanpa Roof

Apa yang terjadi jika Nissan Evalia yang sejatinya merupakan sebuah mobil keluarga yang tertutup, disulap jadi mobil tour wisata yang tidak ada atapnya alias konvertibel. Inilah yang terjadi pada sebuah mobil yang kemudian diberi nama Nissan Evalia C Convertible, hasil kreasi Giovanni Vernagallo.

Sebelumnya, perusahaan karoseri Italia tersebut sudah meminta izin ke Nissan untuk memodifikasi Nissan Evalia/NV200 yang kemudian disetujui oleh Nissan. Konsep ubahannya sendiri cukup simple yakni mengupas atap logam yang kemudian diganti dengan atap kain (fabric) agar bisa dilepas/dibuka.

Modifikasi Nissan Evalia ini sengaja dilakukan agar mobil keluarga tersebut dapat beralih fungsi menjadi sebuah kendaraan yang digunakan sebagai van wisata bagi para pengunjung saat cuaca cerah di kepulauan Italia, Capri. Meski atap aslinya sudah dihilangkan, namun pintu geser Evalia masih tetap dipertahankan dengan konfigurasi kursi yang bisa dipilih untuk 5 atau 7 penumpang.

Sebenarnya apa yang telah dilakukan oleh Giovanni Vernagallo ini bukanlah hal yang pertama. Sebelumnya, Giovanni Vernagallo menggunakan Nissan Serena yang juga telah diubah menjadi mobil dengan atap terbuka alias convertible juga. Namun mungkin karena dirasa kurang nyaman, Giovanni Vernagallo akhirnya mengganti Serena tersebut dengan Evalia yang telah dimodif ini.

Yang menarik, Nissan Evalia C Convertible ini tidak hanya dibuat untuk Giovanni Vernagallo saja, melainkan juga bisa dipesan baik di Giovanni Vernagallo maupun di semua diler Nissan di Italia yang menjualnya secara bebas untuk digunakan sebagai kendaraan pribadi.

Karena pada dasarnya ini adalah sebuah Nissan Evalia biasa namun minus atap, konsumen dapat memilih mesin seperti pada model reguler yaitu mesin bensin 1.6 liter dengan output sebesar 110 hp dan mesin diesel 1.5 liter yang tersedia dalam dua pilihan kekuatan, 90 hp atau 110 hp.

Untuk memboyongnya ke rumah, konsumen harus mengeluarkan gocek cukup banyak karena harga yang ditawarkan adalah 47.500 euro atau sekitar Rp 620 jutaan.

Proses produksi Nissan Evalia C Convertible ini memerlukan waktu sekitar 5 bulan. Sementara khusus untuk biaya modifikasinya, dibutuhkan sekitar 29.000 euro (Rp 379,5 jutaan) karena mobil ini juga diambil dari basis N-Tec top level.

Jika pengen harga yang lebih murah, Nissan Evalia C ini juga bisa dipesan menggunakan basis varian Visia dan Acenta yang nantinya bisa menekan biaya produksi sehingga bisa dibeli dengan harga yang lebih murah.