Scorpio Ala Dirt Tracker

Yamaha scorpio memang mempunyai mesin 225 cc, ukuran yang cukup besar untuk motor sport lokal. Namun meskipun mempunyai mesin yang besar namun tidak diimbangi bodi yang menarik alias berbodi standart aja, untuk itu banyak pemilik Yamaha Scorpio memodifnya. Salah satunya Vanz Khaliz.

Modifikasi yang dilakukan Vanz Khaliz berkonsep Tracker dan diberi nama nDAZ BOElls. Konsep modifikasi Tracker ala Vanz Khalizol ini berbeda dengan konsep Scorpio Street Tracker yang pernah womenandmotorcycles.com bahas minggu lalu. Bedanya jika street tracker menggunakan ban aspal biasa, dirt tracker ala Vanz Khaliz ini menggunakan ban pacul layaknya pacuan motorcross dan bisa melibas segala medan baik off road maupun on road.

Kaki-kaki jadi prioritas utama dalam modifikasi tracker ini. Sok depan misalnya, diaplikasi milik Aprilia RS 125, selain diameter sok yang lebih besar sok tersebut diasar lebih mumpuni dan stabil dalam melibas berbagai medan karena modelnya sudah Up Side Down. Kaki belakang juga telah kalah kekar, dengan mengaplikasikan swing arm custom, dan sokbreker belakang yang diganti dari monosok jadi stereo sok agar menambah kesan klasik.

Untuk pelek diambil dari merek TK Japan yang dipadu dengan ban IRC 350-18 untuk ban depan, dan Pirelli 400-18 untuk ban belakang. Teromol depan model variasi yang juga ditempel piringan cakram merek TDR yang dipompa oleh master rem Yamaha R1. Dan teromol belakang dipercayakan kepada teromol Ninja dan digabungkan dengan rem cakram variasi. Setang custom nampang lebih keren dimotor ini dipadu dengan lampu depan variasi yang diberi pelindung layaknya motor adventure.

Bodi dirancang ulang agar berkesan kebih klasik. Tangki diadopsi dari Honda CB yang kental dengan nuansa klasik, dipadu dengan jok custom yang disesuaikan dengan image motor tracker. Tak lupa penutup aki juga dibuat custom agar aura klasik makin kentara. Untuk membuat bodi nampak klasik rangka belakang dipotong dan dibuatkan baru. Seluruh bodi dicat warna hijau tua agar kesan trackernya dapat.

Mesin juga sedikit diupgrade agar imbang dengan tampangnya yang gahar. Untuk karburator menggunakan Mikuni Sudco ukuran besar 28 dan spuyer disetting ulang agar performa motor makin jos gandos. Terakhir pembuangan akhir alias knalpot dibuat custom agar lebih menarik dan powerfull.

Spek Modifikasi Scorpio Tracker:
Owner : Vanz Khaliz
Modifikator : Whah You Ken See.
Sok depan : Aprilia RS 125
Sok belakang : Yoko
Swing Arm : Custom
Cakram Depan : TDR
Velg : TK Japan
Setang : Custom
Teromol depan : Variasi
Teromol Belakang : Ninja
Master rem depan : Yamaha R1
Master rem belakang : variasi
Ban Depan : Model pacul IRC 300×18
Ban Belakang : Model pacul Pirelli 400×18
Knalpot : Custom