Simak Tips Beli Motor Bekas untuk Kebutuhan Harian

Berbicara mengenai aktivitas sehari-hari, tentu tak lepas dengan kebutuhan transportasi yang memadai. Adanya transportasi di kehidupan, memudahkan manusia untuk menjalani aktivitas jangka panjang. Terlebih energi serta waktu yang dapat dihemat dengan adanya penggunaan transportasi. Berikut akan diulas bagi Anda, yakni tips beli motor bekas yang bermanfaat untuk kebutuhan harian.

 

  1. Cek Harga Pasar

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni mengecek harga pasaran. Mengetahui harga pasaran merupakan salah satu langkah yang penting namun sering disepelekan oleh para calon pembeli motor bekas. Padahal ketika Anda mengetahui harga pasaran mengenai suatu produk. Besar kemungkinan Anda juga dapat mengetahui kisaran harga wajar yang seharusnya dipatok sebuah motor bekas.

 

  1. Cek Nomor Angka dan Mesin Motor

Pada langkah kedua, hal ini juga sama pentingnya dengan poin pertama. Anda perlu mengecek nomor angka serta mesin motor yang dimiliki oleh sebuah kendaraan. Sekalipun kendaraan tersebut bekas, namun penting untuk mengetahui kesamaan antara STNK maupun BKPB. Serta tak lupa untuk mengecek nomor polisi yang terdaftar. Sebab hal ini digunakan untuk antisipasi pencegahan barang pencurian motor bekas.

 

  1. Cek Kondisi Fisik

Selanjutnya urutan ketiga terdapat pengecekan kondisi fisik. Kondisi fisik dari sebuah kendaraan bermotor perlu dicek untuk mengetahui tingkat standar penggunaan. Biasanya untuk motor bekas akan diberikan data kerusakan pada batas normal serta hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki. Pada bagian ini, Anda perlu mengecek secara spesifik serta detail kondisi dari sebuah motor bekas.

 

  1. Cek Kondisi Oli Motor

Urutan keempat tips beli motor bekas yakni mengetahui kondisi oli motor. Kondisi oli motor harus dipastikan dengan ukuran yang pas, tidak kurang maupun lebih. Sehingga Anda tetap dapat memiliki motor bekas dengan suara mesin yang halus dan lembut. Jika kondisi oli motor tidak Anda cek terlebih dahulu. Hal yang mungkin berdampak buruk yakni suara motor akan sulit dikendalikan sebab kebisingannya.

 

  1. Cek Speedometer

Urutan kelima sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas, terdapat pengecekan speedometer. Pastikan motor bekas yang akan Anda adopsi belum mencapai standar pengendaraan diatas 20000 km. Hal ini akan berdampak pada komponen mesin yang cukup banyak dan sulit untuk diganti. Sehingga anggaran yang digunakan pun akan jauh lebih banyak untuk dibutuhkan.

 

  1. Hidupkan Mesin Motor

Jika sudah sampai di tahap keenam, Anda cek kondisi motor dengan menghidupkan mesin. Terutama pada bagian stationer dan langsam. Kondisi mesin motor yang tidak bermasalah, umumnya bagian langsam akan menghasilkan putaran kurang lebih 1500 rpm. Pastikan pula Anda tidak mendengar bunyi bermasalah maupun berisik dari mesin kasar di sebuah motor bekas.

 

  1. Cek Perpindahan Gigi

Selanjutnya pada tahap ini khusus bagi Anda yang ingin memiliki motor bekas jenis kopling. Cek perpindahan gigi untuk memastikan kesulitan yang ada. Kesulitan ini tentu dapat dicegah serta ditangani sejak awal apabila Anda dapat mengeceknya dengan tekun dan teliti. Pastikan pula tidak terdengar suara mendesir saat motor sedang berjalan. Kemungknian besar hal ini dapat disebabkan dari kondisi gigi primer yang akan habis.

 

  1. Cek Rangka Motor

Pada bagian rangka motor bekas terdapat spesifikasi tips beli motor bekas yang harus Anda ketahui sebelum memilih salah satu produk untuk diadopsi. Pastikan bahwasanya rangka atau sasis motor tidak mengalami kebengkokan. Serta cobalah pada kondisi 40 km/jam dengan tekanan rem yang sedikit mendadak. Kondisi ini dapat mengecek untuk pendeteksian lurus atau tidaknya sasis dan poros setir motor.

 

  1. Cek Kebocoran

Jalankan motor setidaknya dengan perjalanan kurang lebih 500 meter. Pastikan pula dengan batas waktu yang lama, Anda dapat merasakan apakah terdapat kebocoran dari oli atau sela mesin. Jika ditelusuri terdapat kebocoran air radiator mesin, dapat dipastikan bahwasanya motor bekas tersebut kurang baik untuk diadopsi. Mengingat kebocoran mesin akan menghambat jalannya kinerja motor Anda dalam jangka waktu yang lama.

 

  1. Cek Kondisi Kelistrikan dan Roda

Serta urutan terakhir dari tips beli motor bekas yakni pahami kondisi kelistrikan serta roda dari sebuah motor bekas. Hal ini berguna sebagai salah satu cara untuk mengetahui apakah listrik dan roda dari sebuah motor bekas dapat berjalan denga baik dan benar. Jika bagian listrik dan roda dari motor bekas sudah mengalami banyak penurunan fungsi. Besar kemungkinan biaya perbaikan pun akan lama dan sulit dikendalikan.

Related Post