Tesla Mobil Tanpa Kaca Spion Samping

Ambisi Tesla untuk membuat mobil masa depan lagi-lagi diwujudkan ke dalam sebuah mobil konsep terbaru mereka yang telah menganut desain dengan ide inovatif. Salah satu yang menjadi tanda bahwa mobil konsep Tesla ini bisa menjadi cikal bakal mobil masa depan yakni absennya kaca spion samping, yang selama ini memang dianggap sebagai komponen wajib untuk sebuah mobil.

Untuk menggantikan fungsi kaca spion samping konvensional, pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut menggunakan kamera yang terintegrasi ke layar di dasbor mobil kendaraan.Pada dasarnya cara kerja kamera ini mirip dengan kamera parkir. Dari layar yang terdapat dalam kabin penumpang, pengendara bisa mengantisipasi kendaraan yang berada disekitarnya, baik di belakang, samping sekaligus juga bisa memantau daerah blind spot.

Menurut Tesla, absennya kaca spion konvensional pada sebuah mobil bisa memberikan beberapa keuntungan. Diantaranya yaitu mempercantik desain atau tampilan mobil, merendahkan angka koefisien drag serta meningkatkan keiritan bahan bakar.

Pun demikian, Tesla dihadapkan oleh beragam rintangan untuk mewujudkan idenya tersebut. Slain dibutuhkan biaya yang tidak sedikit karena unsur teknologi yang digunakan juga tidak murahan, Tesla juga dihadapkan pada peraturan pemerintah Amerika Serikat yang hingga saat ini masih mewajibkan kendaraan berpenumpang harus diproduksi dengan menggunakan kaca spion.

Salah satu mobil konsep Tesla yang diperkenalkan sebagai mobil tanpa kaca spion adalah ‘Model X‘. Dalam versi konsepnya, mobil ini dibikin sudah tanpa kaca spion konvensional, namun ketika versi produksinya ditampilkan Tesla masih memasang spion. Alasannya karena tidak sesuai dengan standarisasi yang ditetapkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Dewasa ini beberapa evolusi teknologi pada kendaraan memang menjadi salah satu tantangan bagi banyak produsen mobil. Hal ini terlihat dari beberapa kebiasaan yang meskipun masih ada namun perlahan mulai dikurangi. Sebut saja seperti transmisi manual, antena dan kunci mobil konvensional yang satu per satu mulai digantikan dengan teknologi yang lebih maju dan efisien.

Tidak menutup kemungkinan jika nantinya mobil tanpa spion buatan Tesla ini akan menjadi tren pada mobil-mobil di masa depan. Untuk mewujudkannya, Tesla dikabarkan tengah aktif bernegosiasi dengan NHTSA agar keinginannya tersebut bisa diloloskan. Pada akhirnya, entah itu 10 tahun atau 20 tahun yang akan datang, fungsi kaca spion samping pada mobil mau tidak mau pasti akan tergantikan dengan pemanfaatan teknologi yang sudah canggih. Meskipun butuh waktu lama dan pertimbangan yang sangat banyak, namun di masa depan pastilah evolusi yang akan menang.

Tags: ,