Tips Membeli Moge Baru

Membeli motor gede tidaklah sama seperti membeli sebuah motor biasa. Dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan perhatian lebih untuk menghindari datangnya penyesalan di kemudian hari.

8 poin yang perlu diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk membeli sebuah moge (motor gede) baru :

1. Ergonomi
Sekilas mungkin hal ini terlihat tidak terlalu penting. Namun kenyataannya ini merupakan salah satu faktor terpenting ketika Anda memutuskan untuk membeli sebuah moge baru. Cobalah untuk duduk dengan mantap di moge yang menjadi incaran Anda. Pastikan tubuh Anda merasa nyaman dan tidak terasa canggung. Perhatikan bobot pergelangan tangan yang menyanggah beban tubuh, perhatikan jarak setang ke bodi, perhatikan jauh tidaknya lipatan kaki ke belakang.

Jika diperbolehkan, lakukan test ride dan perhatikan dengan seksama bagaimana sensasi yang Anda rasakan selama mengendarai moge tersebut. Jika Anda merasa kelelahan atau kurang nyaman dengan posisi tubuh Anda ketika mengendarai motor tersebut, jangan memaksakan diri untuk membelinya. Carilah moge lainnya yang benar-benar nyaman dengan tubuh Anda. Karena pada dasarnya mengendarai sebuah moge adalah tentang bagaimana kita bisa menikmati sebuah perjalanan dengan penuh kebanggaan ala seorang pria, sekaligus nyaman ketika mengendarainya.

Tidak ada gunanya tampil gagah dan keren namun tubuh harus tersiksa lantaran tidak mampu mengendalikan motor gede yang Anda miliki sendiri. Ingat, moge bukanlah sebuah motor berbodi kecil. Moge adalah motor dengan bobot yang berat dan ukuran bodi yang relatif besar. Kenali kemampuan tubuh Anda dan temukan moge yang sesuai dengan tubuh Anda.

2. Ketinggian Sadel
Sejatinya motor gede adalah motor yang biasa digunakan oleh orang-orang Eropa. Karena itulah sudah sewajarnya jika desain motor ini dibikin besar layaknya struktur tubuh orang Eropa yang juga cenderung besar. Selain berbodi besar, motor gede biasanya juga memiliki sadel yang ketinggiannya cenderung tidak sesuai dengan struktur tubuh orang Indonesia. Karena itulah ketika membeli sebuah motor gede baru maka Anda harus mempertimbangkan ketinggian sadel yang ada.

Cobalah duduk dan amati apakah posisi sadel dari moge yang Anda incar itu nyaman dengan tubuh Anda baik ketika motor dalam kondisi berjalan atau sedang berhenti. Ada kalanya beberapa orang lebih menyukai sadel motor yang tinggi meskipun bertubuh pendek. Ada pula yang sebaliknya. Sekali lagi, faktor kenyamanan adalah yang paling penting disini.

3. Desain atau Style
Biasanya desain atau style adalah daya tarik pertama bagi seseorang ketika memutuskan untuk membeli sebuah moge. Untuk yang satu ini kami kembalikan ke selera Anda masing-masing. Sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan Anda sudah memahami desainnya dengan baik. Cari tahu apakah Anda masih bisa memodifikasinya di waktu yang akan datang jika terdapat beberapa bagian yang menurut Anda kurang cocok di hati. Pertimbangkan dengan baik dan pastikan hati Anda cukup mantap dengan desain dari moge yang akan Anda bawa pulang.

4. Suara
Ada kalanya beberapa orang merasa nyaman dengan suara moge yang berat dan sedikit kasar. Ada juga yang merasa lebih nyaman dengan suara motor gede yang cenderung halus namun terkesan dalam. Semua itu kembali pada selera masing-masing. Coba pasang telinga, dengarkan dan bedakan raungan mesin V-Twin atau 4 silinder segaris yang paling merdu buat Anda. Pastikan Anda merasakan sensasi yang dihasilkan dari suara motor tersebut. Kemudian tanyakan pada diri Anda apakah Anda menyukainya atau tidak.

5. Tameng Udara
Tameng udara bukan suatu hal yang wajib ketika membeli sebuah motor gede baru, karena pada dasarnya sifatnya lebih ke arah aksesoris. Namun jika Anda membeli moge yang ditujukan sebagai kendaraan touring, maka tameng udara patut untuk dipertimbangkan. Pasalnya diterpa angin terlalu lama dengan kecepatan penuh dapat membuat kondisi fatique/lelah cepat terasa. Yang perlu diingat, pilihlah tameng udara yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda. Dengan begitu maka fungsinya benar-benar akan terasa di kemudian hari.

6. Ruang Penyimpanan
Sama seperti tameng udara, sebuah ruang penyimpanan memiliki fungsi yang cukup penting apabila kelak Anda berniat untuk menggunakan moge kesayangan Anda sebagai kendaraan touring. Carilah ruang penyimpanan yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda karena pada dasarnya ruang penyimpanan pada sebuah moge lebih bersifat opsional.

7. Fitur dan Peranti elektronik
Kontrol traksi dan ABS akhir-akhir ini menjadi fasilitas penting buat moge dan diinstal di berbagai model. Begitu juga dengan beberapa peranti elektronik yang ditanam pada sebuah moge belakangan ini makin lengkap dan makin canggih seiring perkembangan dunia otomotif. Tapi sekali lagi, pilihlah berdasarkan kebutuhan masing-masing, karena fitur canggihpun terkadang tidak terpakai.

8. Efisiensi Bahan Bakar
Mungkin poin yang satu ini tidak akan menjadi satu masalah besar bagi pembeli moge. Pasalnya setiap pembeli moge sudah tahu bahwa resiko dari hobi memiliki moge memang cukup menguras kantong hanya untuk bahan bakarnya saja yang terkenal boros. Namun terlepas dari hal itu bukan berarti poin yang satu ini bisa diabaikan begitu saja.

Dengan mempertimbangkan tingkat efisiensi bahan bakar dari sebuah moge yang akan Anda beli, maka itu artinya Anda juga turut mempertimbangkan masalah isu lingkungan. Selain itu saat ini juga sudah banyak moge yang mengusung teknologi canggih sehingga motor gede yang irit bahan bakar tidaklah sulit untuk ditemukan. Jadi tidak ada salahnya juga khan apabila Anda memberi perhatian terhadap konsumsi bahan bakar dari moge yang ingin Anda beli ? Tentunya ini bisa menjadi nilai plus tersendiri bagi Anda.

Tags: ,