Tips Mengendarai Mobil Manual yang Benar

Hadirnya mobil listrik terkadang membuat beberapa orang kurang memahami betul bagaimana cara mengendarai mobil manual. Saat ingin mengendarai mobil tersebut, Anda memang perlu melakukan banyak latihan. Pasalnya jika melakukan kesalahan tentu dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Tips Mengendarai Mobil Manual yang Benar

Dengan mengetahui cara mengemudi mobil manual yang benar, tentu saja akan membuat Anda lebih nyaman dan aman saat berkendara. Jika tidak, tentu saja dapat membahayakan dan berakibat fatal. Di bawah ini beberapa tips saat mengendarai mobil tersebut:

  • Kenali fiturnya

Langkah pertama saat ingin mengendarai mobil manual adalah dengan mengenali seluruh fitur yang ada pada mobil tersebut. Anda bisa memastikan terlebih dahulu sudah mengetahui letak fitur-fitur mobil serta fungsinya.

Contohnya seperti gas, rem, hingga kopling. Dengan begitu, tidak ada yang namanya salah menginjak dan menggunakan saat mengendarai mobil manual tersebut. Tidak hanya itu saja, tentu masih banyak fitur yang perlu dipelajari. Seperti lampu sign, klakson, dan lainnya.

  • Atur posisi duduk

Langkah selanjutnya, pastikan memperhatikan posisi duduk agar proses berkendara dapat dilakukan dengan aman dan lancar. Tempat duduk disini nantinya akan berpengaruh kepada posisi kaki saat menginjakkan rem, gas, ataupun kopling.

Apabila posisi duduk tidak nyaman, bisa saja Anda salah dalam menginjak. Jangan sampai hal tersebut terjadi karena hanya akan membahayakan pengendara mobil.

  • Pahami semua pedal

Ada baiknya juga bagi Anda untuk mengenali semua pedal yang ada di dalam mobil manual. Mengenai pedal tersebut sangat penting dilakukan agar tidak salah saat menggunakannya. Pedal yang ada pada kaki kiri adalah kopling.

Berbeda dengan pedal yang ada di bagian tengah berfungsi sebagai rem. Sementara itu, pedal yang ada pada bagian kanan adalah gas. Kopling ini sendiri dapat berguna untuk memutus perputaran roda dan mesin yang saling terhubung.

  • Hidupkan mobil

Jika dirasa sudah mengetahui berbagai fitur yang ada di dalam mobil beserta fungsinya, maka tidak ada salahnya untuk mulai menghidupkan mesin mobil. Dalam menghidupkan mesin mobil manual disini juga ada beberapa hal yang sangat perlu untuk diperhatikan.

Caranya yakni dengan memindahkan tuas persneling menuju posisi netral. Yakni diantara gigi ketiga dan keempat. Dalam keadaan netral sendiri posisi tuas persneling dapat Anda gerakkan ke kanan dan kek kiri secara bebas.

Selanjutnya, Anda bisa mulai menghidupkan mesin mobil dengan melakukan starter menggunakan kunci. Kemudian injak pedal kopling secara penuh. Jika jika mesin sudah menyala maka lepaskan kopling dan tekan kopling sepenuhnya. Anda bisa meminta orang yang lebih berpengalaman untuk mengajari mengemudi mobil manual.

  • Masukkan persneling ke gigi 1

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan persneling ke gigi satu, kemudian lepaskan kopling sedikit-demi sedikit sambil menginjak pedal gas. Lepaskan rem tangan dan jangan melepas kopling sepenuhnya.

Anda bisa melepas kopling perlahan-lahan sambil menekan pedal gas. Kemudian pertahankan RPM sedikit di atas nol. Perbesar gas sedikit demi sedikit sampai kopling yang tersedia dapat bekerja sepenuhnya. Apabila kopling sudah terlepas secara penuh maka lakukan akselerasi manual.

  • Pindahkan gigi

Anda bisa memindahkan gigi dengan mengangkat kaki pegas kemudian menekan pedal kopling. Kemudian pindahkan tuas persneling menuju gigi berikutnya. Lepaskan kopling kemudian tambah kecepatan mobil.

  • Menurunkan gigi

Langkah selanjutnya adalah dengan mengangkat kaki dari pedal gas menuju pedal kopling. Jika sudah, maka tekan kopling sepenuhnya kemudian pindahkan persneling gigi menuju yang lebih kecil. Kemudian lepaskan kopling secara perlahan-lahan. Ada baiknya untuk tidak memakai pedal gas demi mengimbangi kecepatan dan pelas kopling secara pebuh jika sudah.

Itulah tips mengendarai mobil manual dengan benar yang bisa Anda lakukan. Pastikan untuk mendapatkan pelatih yang berpengalaman dan jangan mencobanya sendirian agar belajar mengendarai mobil dapat dilakukan dengan lebih aman.

 

Tags:

Related Post