Tips Rawat Motor Matic Honda Vario eSP 110 Agar Awet

Cara Tepat Rawat Motor Matic Honda Vario eSP 110 Agar Awet

Bagi Anda pemilik motor matic Honda, salah satunya adalah motor matic Honda Vario eSP 110, baiknya Anda memberikan perawatan terbaik atas motor matic Honda Vario eSP 110 Anda tersebut. Pasalnya dengan perawatan yang baik, pasti motor juga akan bertahan lama dan awet.

 

Agar motor Anda bisa bertahan lama dan awet, ada beberapa cara tepat yang bisa dilakukan dalam rangka memberikan perawatan atas motor matic Honda Vario eSP 110 milik Anda tersebut. Apa sajakah perawatan yang bisa dilakukan terhadap motor matic milik Anda? Berikut informasinya!

 

Cara Tepat Rawat Motor Matic Honda Vario eSP 110

Panaskan mesin motor secara rutin di pagi hari

Cara tepat merawat motor matic Honda Vario eSP 110 yang pertama adalah memanaskan motor secara rutin. Hal ini penting supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga performa dari mesin jauh lebih maksimal.

 

Anda perlu memanaskan motor matic kurang lebih 5 menit sampai dengan 10 menit setiap pagi hari. Baiknya dalam kegiatan memanaskan mesin, Anda gunakan kick starter karena jika Anda memanfaatkan kick starter elektrik, tentu hal tersebut akan lebih banyak mengurangi baterai motor Anda.

 

Manfaatkan bensin yang berkualitas tinggi

Selanjutnya, Anda juga perlu memberikan pasokan energi terbaik untuk motor Honda Vario eSP 110 Anda. Nah, pasokan energi terbaik untuk motor adalah Pertamax.

 

Baiknya Anda pastikan untuk membeli Pertamax langsung di pom bensin karena banyak Pertamax saduran atau campuran yang dijual oleh penjual eceran.

 

Jadi, dalam memilih bensin ada baiknya Anda pastikan memilih bensin yang memang kualitasnya tinggi, terpercaya dan semua itu bisa Anda dapatkan jika membeli bensin Pertamax di POM bensin.

Jangan sampai kehabisan bensin

Masih berkaitan dengan bensin, selain kualitas bensin yang perlu Anda perhatikan, Anda juga perlu memperhatikan kapasitas bensin pada mobil Anda.

 

Baiknya Anda jangan sampai kehabisan bensin karena hal tersebut dapat merusak mesin motor Anda secara ampuh. Karena itu baiknya Anda selalu usahakan untuk selalu mengisi bensin jika indicator pada motor sudah menunjukkan di huruf E. Biasakan Anda mengisi bahan bakar kendaraan sampai full agar tangki motor Anda tidak berkarat.

 

Lakukan penggantian oli secara berkala

Perawatan motor matic yang satu ini juga tergolong sebagai suatu aspek yang penting sebagai perawatan yang dilakukan sesuai dengan jadwal pergantian oli yang dilakukan. Ada jangka waktu tertentu untuk mengganti pelumas sebagai cairan mesin motor ini.

 

Oli mesin perlu diganti setiap 1000 km. Kemudian Anda juga perlu mengganti oli gardan atau oli transmisi setiap 5000 km atau dengan kapasitas 3 : 1 untuk penggantiannya. Jadi ketika Anda sudah tiga kali mengganti oli mesin, maka artinya di penggantian ketiga Anda harus mengganti oli gardannya.

 

Lakukan penggantian oli shockbreaker

Selain oli mesin dan transmisi, oli shockbreaker juga tak boleh diremehkan untuk motor matic Honda Vario eSP 110. Sangat diperlukan upaya penggantian oli dengan tujuan agar kondisi shockbreaker tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya setiap 10.000 km sekali.

 

Cek kondisi vanbelt dan roler

Memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tak boleh Anda tinggalkan. Kondisi vanbelt motor Honda Vario eSP terbuat dari bahan karet. Jika vanbeltnya tidak diperhatikan sangat dikhawatirkan vanbelt putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tak bisa berjalan lagi.

 

Jika memang sudah harus mengganti vanbelt, baiknya Anda ganti vanbelt dengan suku cadang vanbelt motor Vario yang asli sehingga membuat motor Anda lebih awet dan terjamin kualitasnya. Sehingga Anda pun tidak perlu bolak – balik mengganti vanbelt motor Anda.

 

Pastikan perawatan aki sebaik mungkin

Sangat tidak mudah untuk mengetahui kondisi aki pada motor matic sehingga setiap pengguna motor matic mayoritasnya pernah mengalami mati aki. Jika hal ini terjadi, tentu saja Anda akan kehilangan power motor.

 

Selain itu cahaya lampu pada motor juga akan berkurang dan yang paling menjengkelkan jika aki motor matic mati adalah ketika Anda hidupkan kembali motornya, maka Anda harus menggunakan kick starter yang membuat pengguna motor harus lebih banyak mengeluarkan tenaga.

 

Karena itu sangat dianjurkan agar pengguna motor harus mengganti aki dalam kurun waktu 8 bulan setelah penggantian terakhir dilakukan.

 

Stabilkan kecepatan gas motor Anda

Hal ini biasanya sering dilakukan pengguna motor matic yaitu ketika kecepatan motor berada dalam kondisi secara tiba – tiba menurunkan gas dan begitu juga sebaliknya. Tanpa disadari kecepatan gas motor yang tidak stabil berpotensi merusak masa umur mesin motor Anda. Dengan kecepatan motor yang  tidak stabil, tidak hanya akan merusak mesin akan tetapi juga vanbelt motor Anda.

 

Itulah berbagai cara tepat rawat motor matic Honda Vario eSP 110 agar selalu awet. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda pengguna motor Vario.