Toyota Corolla Hybrid Jepang

Baru-baru ini produsen mobil asal Jepang – Toyota Motor Corp (TMC) mengeluarkan pengumuman terkait mulai dijualnya sebuah versi hybrid dari Corolla generasi ke-21 khusus untuk pasar Jepang.

Toyota Corolla sejatinya merupakan salah satu mobil terlaris Toyota di hampir seluruh dunia. Dan mengingat perilaku konsumen yang dewasa ini sudah mulai memiliki kesadaran lebih tinggi akan efisiensi bahan bakar, maka Toyota sengaja menghadirkan Corolla Hybrid ini sebagai solusi bagi konsumen yang mendambakan mobil irit bahan bakar sekaligus bisa diandalkan.

Toyota Corolla Hybrid tersedia dalam 2 varian yang terdiri dari Toyota Corolla Axio Hybrid (sedan) dan Toyota Corolla Fielder Hybrid (station wagon). TMC mengklaim bahwa Corolla versi hybrid ini memiliki rating konsumsi bahan bakar yang luar biasa irit. Berdasarkan hasil pengujian internal yang dilakukan oleh Toyota, konsumsi BBM-nya bisa tembus 1:33 km. Hasil ini tentunya jauh lebih baik bila dibandingkan dengan Corolla Fielder versi bensin yang hanya bisa tembus 1:21,2 km, atau Corolla Axio versi bensin yang hanya tembus 1:21,4 km.

Di sektor dapur pacunya, Toyota Corolla Hybrid ini didukung oleh mesin bensin 1.5 liter Atkinson-cycle dengan Toyota Hybrid System II (THS II). Mesin berbahan bakar bensin tersebut mengerahkan tenaga 75 hp pada 4800 rpm dan torsi 111 Nm pada 3600-4400 rpm. Motor listrik sanggup memuntahkan tenaga hingga 61 hp dan torsi 169 Nm. Jadi total system menghimpun tenaga 100 hp.

Khusus untuk pasar Jepang, kedua model mobil hybrid tersebut dijual dengan harga mulai 2.9250.000 yen hingga 3.085.000 yen. Semua model tersebut telah dilengkapi dengan pemanas jok dan menganut FWD.

Corolla versi hybrid ini ditargetkan bisa terjual 3.500 unit per tahun di pasar domestik TMC. Lebih lanjut, peluncuran Corolla versi hybrid ini merupakan rangkaian atau rencana besar Toyota yang akan memperkenalkan 17 mobil hybrid sampai akhir tahun 2021 mendatang.

Tags: ,