Trik Sewa Mobil Untuk Mudik

Sudah bukan rahasia lagi, kalau hari raya Idul Fitri di Indonesia sangat identik dengan yang namanya mudik. Berbagai cara dilakukan untuk melakukan perjalanan mudik, mulai dari mudik dengan mobil sendiri hingga mudik dengan memanfaatkan fasilitas transportasi umum seperti kereta, bus, kapal atau pesawat terbang.

Alternatif lain yang juga sering dimanfaatkan oleh para pemudik adalah menyewa mobil di perusahaan jasa sewa atau rental mobil, yang kebanyakan memang menyediakan armada untuk disewa selama musim Lebaran. Dengan menyewa mobil, maka pemudik bisa lebih leluasa karena mobil sepenuhnya bisa dikendalikan sendiri mau dibawa kemanapun dan kapanpun.

Pun demikian, menyewa mobil untuk mudik tidak boleh sembarangan. Dibutuhkan kecermatan dan ketelitian dari calon penyewa, demi meminimalkan faktor resiko sehingga perjalanan mudik nantinya dapat menjadi nyaman dan aman. Lantas apa saja Trik Sewa Mobil Untuk Mudik agar Anda tidak menyesal di kemudian hari ? Berikut ini ulasannya :

Pilih Perusahaan Sewa/Rental Mobil yang Tepat

Yang paling penting dan tidak bisa diabaikan ketika Anda memutuskan untuk menyewa mobil untuk mudik adalah memilih perusahaan jasa sewa atau rental mobil yang tepat. Pastikan tempat Anda menyewa mobil merupakan perusahaan/rental mobil yang terpercaya. Hal ini perlu diperhatikan karena biasanya tingkat pengalaman dan luasnya servis akan sangat menentukan seberapa handal perusahaan tersebut mengatasi masalah Anda di perjalanan kelak.

Ketika memilih perusahaan/rental mobil, ada beberapa kriteria yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak tertipu manisnya tawaran-tawaran yang diajukan oleh sejumlah perusahaan/rental mobil tertentu. Berikut ini kriteria perusahaan sewa/rental mobil yang tepat :

1. Perusahaan dengan Layanan Prima

Dalam memilih perusahaan/rental mobil yang tepat, perhatikanlah masalah pelayanan yang diberikan perusahaan itu. Coba lihat fasilitas apa saja yang Anda dapat. Apakah memiliki nomor darurat 24 jam (agar dapat dihubungi jika ada masalah), ketersediaan mobil pengganti, fasilitas mobil derek, serta jenis asuransi yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Semakin sigap layanan dan fasilitas yang dimilikinya, artinya perusahaan sewa/rental mobil tersebut memiliki tanggung jawab yang besar pula terhadap para pelanggannya.

2. Perusahaan dengan Harga yang Sesuai

Tingginya permintaan konsumen menjelang lebaran tentu saja membuat harga sewa mobil untuk mudik naik dari harga pada bulan-bulan biasa. Oleh karena itu, lakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasaran.

Pastikan harga tersebut sesuai dengan jenis, model tahun pembuatan, serta kondisi mobil yang ditawarkan. Pilihlah perusahaan yang menetapkan harga paling rasional, yaitu sesuai dengan kondisi mobil dengan tiga kriteria tersebut. Jangan langsung terpikat dengan harga murah, tetapi juga jangan setuju begitu saja dengan harga tinggi.

Pilih Mobil yang Tepat

Ketika memilih mobil, ada beberapa kriteria yang perlu Anda ketahui agar nantinya mobil yang Anda sewa tersebut tidak menyusahkan ketika dibawa untuk menempuh perjalanan jauh. Berikut ini kriteria mobil yang tepat untuk disewa :

1. Mobil Tangguh

Pilihlah mobil yang memiliki karakter cocok untuk perjalanan jauh dan mampu melibas berbagai jenis jalan, memiliki kapasitas angkut banyak, serta mudah perawatannya. Biasanya, mobil yang paling pas dan memenuhi kriteria untuk mudik adalah jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) karena kapasitas angkutnya besar dan mampu melibas jalanan apa pun.

2. Mobil Baru

Pilihlah kendaraan keluaran tahun terbaru untuk memastikan kondisi mesin dan suku cadang. Pun demikian, jangan langsung percaya dengan tampilan cat yang masih mulus dan tahun pembuatan mobil yang masih baru. Cermatilah data historis perawatan kendaraan yang biasanya disediakan oleh perusahaan rental.

Lakukan pengecekan mulai dari sistem kelistrikan, mesin, ban, serta kestabilan mobil. Cara paling sederhana adalah dengan menghidupkan mesin. Kemudian aktifkan semua perangkat yang menggunakan sumber tenaga listrik, seperti lampu, air conditioner (AC), power window, sistem audio, dan sebagainya.

Bila lampu meredup berarti ada yang tidak beres dengan sistem kelistrikan. Begitu pun dengan mesin, bila dihidupkan dalam beberapa menit mesinnya tersendat, berarti ada permasalahan.

Pastikan pula kondisi ban. Pastikan ukiran di tapak ban lebih dari 70 persen. Bila Anda belum yakin, lakukan uji jalan. Ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi mesin dan sistem suspensi.

Pelajari Perjanjian Sewa dengan Cermat

Bila Anda telah merasa mantap untuk menetapkan pilihan perusahaan rental dan jenis mobil yang akan disewa, langkah selanjutnya adalah menanyakan perjanjian sewa-menyewa. Pastikan apa saja kewajiban dan hak Anda, begitu pun dengan kewajiban dari perusahaan bila terjadi masalah dengan mobil pada saat kendaraan itu Anda bawa.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda cermati terkait hak dan kewajiban dalam transaksi sewa mobil :

Pastikan apakah harga yang diajukan merupakan tarif lepas kunci alias tanpa sopir atau sudah termasuk jasa pengemudi tersebut. Bila belum termasuk dan Anda menginginkan didampingi sopir, tanyakan berapa tarif bersihnya.

Tanyakan tentang hak dan kewajiban mengenai kondisi bahan bakar sebelum mobil digunakan dan setelah dikembalikan ke perusahaan. Biasanya perusahaan mensyaratkan kondisi bahan bakar di saat mobil dikembalikan harus seperti pada saat anda mengambil Anda mengembalikannya.
Tanyakan juga bila kelak terjadi keterlambatan pengembalian mobil. Hal ini perlu diajukan, mengingat kondisi jalan selama arus mudik atau balik tidak menentu. Kemacetan berjam-jam bisa saja terjadi.

Pelajari Manfaat Asuransi yang Ditawarkan

Perusahaan penyewaan mobil skala besar pada umumnya menawarkan perlindungan asuransi, baik untuk perlindungan terhadap penyewa maupun mobil yang bersangkutan. Bila perusahaan tempat anda menyewa mobil juga menerapkan biaya premi asuransi, tanyakan dengan jelas mengenai jenis asuransi yang ditawarkan.

Pelajari dengan cermat manfaat dari asuransi yang ditawarkan. Maksud dari ‘manfaat’ disini adalah jenis perlindungan yang diberikan, berapa nilai pertanggungan, siapa saja yang tertanggung, dan lain-lain. Hal itu penting ditanyakan untuk mengantisipasi bila terjadi risiko yang tidak kita inginkan. Pasalnya, bahasa dan kalimat di dalam perjanjian asuransi biasanya kerap menimbulkan salah tafsir, sehingga harus dipelajari kalimat demi kalimat.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menyewa mobil yang akan dipergunakan untuk mudik Lebaran. Jangan lupa, bila semua urusan persyaratan telah selesai dan Anda sudah sepakat untuk menyewanya, mintalah nomor telepon perusahaan/rental mobil tempat anda menyewa tersebut. Pastikan nomor tersebut bisa dihubungi setiap saat guna mengantisipasi bila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan di jalan yang berkaitan dengan mobil yang Anda sewa tersebut.

Tags: ,