Volvo Kembangkan SMART Engine

Teknologi pintar rupanya bukan milik produsen smartphone saja, baru-baru ini produsen mobil Volvo mengumumkan rencananya untuk memperkenalkan deretan mesin mobil baru yang akan mengadopsi teknologi pintar. Mesin mobil Volvo tersebut diberi nama ‘Drive-E’ dan rencananya akan digunakan pada mobil-mobil produksinya di Eropa dalam waktu dekat.

Adapun rangkaian mesin Drive-E yang tengah dikembangkan Volvo tersebut terdiri dari dua jenis mesin empat silinder yaitu mesin berteknologi diesel common-rail dan mesin bensin direct-injection. Untuk mesin diesel terdapat pilihan output mulai dari 120 bhp hingga 230 bhp. Sementara mesin bensin memiliki pilihan tenaga 140 bhp hingga lebih dari 300 bhp.

Salah satu yang menjadikan mesin-mesin baru milik Volvo tersebut menarik adalah karena mengusung teknologi i-Art yang diklaim memiliki kemampuan untuk memberikan umpan balik tekanan, dari semua injeksi bahan bakar untuk secara konstan memantau dan menyesuaikan injeksi bahan bakar di setiap proses pembakaran di masing-masing silinder.

Semua itu bisa dilakukan melalui pemasangan sebuah komputer kecil di bagian atas injektor yang dapat memantau tekanan penginjeksian. Dari hasil pemantauan itulah kemudian sistem penyesuaian i-Art akan menentukan jumlah bahan bakar optimal yang dibutuhkan untuk diinjeksikan selama siklus pembakaran.

Rencananya kendaraan pertama Volvo yang akan memanfaatkan mesin mobil baru tersebut antara lain yaitu model-model Volvo S60, V60 dan XC60. Ketiga mobil Volvo tersebut masing-masing akan dibekali dengan mesin bensin turbocharged T6 dengan output 306 bhp, T5 dengan output 245 bhp dan D4 turbodiesel yang mampu menghasilkan tenaga hinga 180 bhp.

Mesin mobil berteknologi pintar tersebut akan dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-speed dan transmisi manual 6-speed sebagai alternatif, hasil pengembangan baru yang diklaim mampu memberikan hasil optimal terhadap efisiensi bahan bakar dan performa yang lebih halus.