Yamaha Sudah Hentikan Produksi Scorpio Z

Menyikapi tidak lakunya penjualan Yamaha New Scorpio Z membuat Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menghentikan produksinya. Hal ini tentu bertolak belakang dengan prestasi YIMM yang menguasai pasar motor sport di Indonesia. Namun yang dilakukan YIMM ini cukup logis karena memproduksi motor yang tidak laku akan mengganggu serta membebani produksi motor lain, untuk YIMM mengambil jalan ini.

Sebagai bahan perbandingan, pada bulan November 2019 lalu penjualan motor sport Yamaha mencapai 51.860 unit, dari angka tersebut Yamaha V-Ixion mendominasi dengan penjualan sebanyak 45.652 unit, posisi kedua disusul Yamaha Byson dengan penjualan sebanyak 5.809 unit, dan Yamaha Scorpio hanya laku terjual sebanyak 399 unit saja, cukup kontras bedanya.

Yamaha Scorpio ini tidak langsung dihentikan produksinya, namun akan dikurangi perlahan produksinya. Sebagai salam perpisahan, nanti akan merilis Scorpio edisi terbatas sebanyak 500 unit saja dengan warna black gold. Rencananya model terakhir motor yang mulai hadir di Indonesia tahun 2001 silam ini akan dipasarkan mulai awal tahun 2020 mendatang.

Dengan masuknya Yamaha R15 tahun depan diharapkan penggemar Scorpio akan hijrah ke motor baru ini. Meskipun berbeda jenis karena Yamaha R25 full fairing sedangkan Yamaha Scorpio bergenre naked bike, namun untuk untuk kubikasi tidak jauh beda, hanya selisih 25 cc saja, namun sensasi yang diperoleh akan jauh diatas Scorpio.

Tags: ,